Akhir Bulan Kobaran Api Semakin Membara di Kota Batu

Petugas saat memadamkan kebakaran di di Petak 233b RPH Oro-oro Ombo, KPH Pujon, Desa Pesanggrahan, Kota Batu, Selasa  (30/10/2018). (Foto: BPBD Kota Batu for MalangTIMES)
Petugas saat memadamkan kebakaran di di Petak 233b RPH Oro-oro Ombo, KPH Pujon, Desa Pesanggrahan, Kota Batu, Selasa  (30/10/2018). (Foto: BPBD Kota Batu for MalangTIMES)

BATUTIMES - Kobaran api membara dibeberapa titik di Kota Batu pada akhir bulan Oktober ini. Beberapa titik kebakaran itu terjadi di Petak 233b RPH Oro-oro Ombo, KPH Pujon, Desa Pesanggrahan, Kota Batu dan Area Pembuangan Sampah Jatim Park II, Desa Oro Oro Ombo, Kecamatan Junrejo.

Pada Selasa (30/10/2018) pukul 11.00-13.50 WIB kebakaran hutan terjadi di Petak 233b RPH Oro-oro Ombo, KPH Pujon, Desa Pesanggrahan, Kota Batu. Kebakaran itu terjadi diduga karena sisa dari kebakaran yang terjadi Sabtu (27/10/2018) karena kelalaian manusia.

Kelalaian itu membakar semak-semak sehingga terjadi lagi kebakaran hutan lindung seluas kurang lebih seluas satu hektar. Kondisi parah itu ditambah lagi adanya angin yang kencang.

“Sehingga api menjalar semakin luas di area hutan lindung,” kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Ahmad Choirur Rochim.

Namun dengan upaya pemadaman secara manual oleh tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Perhutani Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Oro-oro Ombo, Lemabaga Masyarakat Daerah Hutan (LMDH) Desa Pesanggrahan, Garda Relawan dan masyarakat sekitar. 

Mereka melakukan pemadaman secara manual dengan membuat pembatas agar tidak menjalar pada bagian lainnya. Dengan kerja keras yang dilakukan oleh tim tersebut akhirnya saat ini api padam. 

Lalu sebelumnya pasa Sabtu lalu pasa pukul 07.00 hingga Minggu (28/10/2018) pukul 07.00 WIB juga terjadi kebakaran hutan. Lokasi kebakaran itu pada petak 233b RPH Oro-oro Ombo, KPH Pujon, Desa Pesanggrahan, Kota Batu.

Penyebab pun hampir sama diduga karena kelalaian manusia yang membakar semak-semak sehingga api membesar dan tidak dapat dipadamkan. Terlebih angin semakin besar dan api semakin menjalar hingga ke hutan lindung.

Kerusakan ini yang diakibatkan itu kurang lebih seluas lima hektar. Dan pada Jumat (26/10/2018) pukul 18.31 WIB terjadi kebakaran di area Pembuangan Sampah Jatim Park II, Desa Oro Oro Ombo, Kecamatan Batu. 

“Diperkirakan api terjadi karena pembakaran sampah yang apinya tidak terkendali dan membesar. Jadi membuat api semakin besar,” imbuhnya. Menurutnya lahan timbunan sampah seluas 500 meter persegi terbakar.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Heryanto
Publisher :
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->