Pemkot Batu Bakal Berikan Angkutan Gratis bagi Wisatawan dan Anak Sekolah

Deretan angkutan Kota Batu yang terparkir di rest area Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Deretan angkutan Kota Batu yang terparkir di rest area Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Setelah Jatim Prak Group me-launching angkutan gratis, tentunya itu menjadi cambuk  bagi Pemkot Batu. Sebab, seharusnya yang menyuguhkan angkutan gratis itu adalah Pemkot Batu.

“Pemerintah rodok isin (agak malu). Seharusnya Pemkot Batu yang memberikan fasilitas kepada wisatawan. Karena itu, segera ada Koordinasi dengan Dinas Pariwisata Kota Batu dan Dinas Perhubungan Kota Batu,” kata Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko.

Dewanti  mengatakan agar kedua dinas itu untuk segera mempelajari secara teknis terkait dengan angkutan gratis. “Bagaimana biaya manajemen. Ini tugas  pemkot. Pemkot harus memfasilitasi warga dan wisatawan, juga sebagai pengurai macet,” imbuhnya, Jumat (16/11/2018).

Ia menjelaskan memang saat ini Pemkot Batu belum memiliki fasilitas transporstasi. “Ketika orang saat pakai transportasi udara, sehingga tidak bawa kendaraan. Sehingga cari transport, pergi ke tempat wisata itu susah,” ungkap Istri Eddy Rumpoko ini. 

Menurut dia, memang banyak saat ini wisatawan yang tidak membawa kendaraan pribadi. Namun ketika turun dari pesawat terkadang masih kebingungan untuk mencari kendaraan ke tempat wisata.

Tahun ini lanjut Dewanti, akan membuat kajian berapa biayanya tergantung kemampuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Menurutnya ini merupakan tantangan bagi pemkot.

Dengan memberikan fasilitas angkutan gratis ini tentunya akan memberdayakan angkutan dan membantu perekonomiannya. Lalu juga agar terfasilitasi bagi wisatawan.

Sebab nantinya angkutan gratis ini akan diberikan kepada rute-rute jalur wisata diluar Jatim Park Group. Seperti Selecta, Coban Rais, Coban Putri, Coban Talun, dan sebagainya. “Lalu juga angkutan gratis ini diberikan ke hotel-hotel di Kota Batu juga,” jelasnya.

Tidak hanya itu saja, angkutan gratis ini juga akan disuguhkan kepada anak sekolah di Kota Batu. “Ya sekaligus kami ingin memberikan angkutan gratis ini kepada anak sekolah supaya gak telat juga masuk sekolah,” ucap ibu tiga anak ini. 

Sementara itu Ketua DPRD Kota Batu Cahyo Edi Purnomo menambahkan, perlu ada jalan keluar untuk  wisatawan dan masyarakat agar terfasilitasi. Karena itu Pemkot Batu harus segera mengkaji program angkutan gratis ini.

“Tentunya untuk menambah jumlah wisatawan yang masuk. Dan anak sekolah datang di sekolah supaya gak terlambat. Di sini peran pemkot harus hadir. Bentuk kepedulian dan merangkul,” kata Cahyo. (*)

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yunan Helmy
Publisher :
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->