Gagal, Pembangunan Pasar Sayur Tahap Tak Jadi Dibangun Tahun Ini

Area pasar unit sayur di Jl Dewi Sartika Kelurahan Temas Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Area pasar unit sayur di Jl Dewi Sartika Kelurahan Temas Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Bagi sebagian para pedagang pasar sayur rupanya harus menunda sejenak keinginannya untuk bisa menempati kios baru. Sebab pada pembangunan tahap dua pasar sayur itu terpaksa tidak bisa dibangun pada akhir tahun.

“Pembangunan pasar sayur tahap dua gagal. Tidak bisa dilaksanakan pada akhir tahun ini, karena waktunya yang mepet,” ungkap Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso, Jumat (16/11/2018).

Proyek dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018 senilai Rp 5 miliar itu hanya untuk pembangunan hanggar yang berada di tengah unit sayur. Rencana awal proses pemasangan selama 75 hari. 

Akan tetapi gagalnya pembangunan itu selain waktu yang mempet, juga karena proses lelang yang berjalan cukup lama. Ya proses lelang dilakukan dua kali lelang.

“Selain waktu yang mepet, juga karena memang proses lelangnya itu berjalan cukup lama. Lelang itu kami lakukan dua kali, karena tahap pertama gak ada yang sesuai,” imbuhnya saat ditemui di Jatim Park 3.

Diketahui pembangun pasar sayur ini berlangsung pada akhir tahun 2017 silam. Dan selesai pada bulan Januari 2018. 

Saat ini sudah ada 53 pedagang yang sementara menempati kios-kios tersebut sambil menunggu proses pembangunan tahap II. Dalam pasar sayur itu ada fasilitas kios pedagang dengan ukuran 3 x 5 meter sebanyak 40 unit.

Lalu kios pedagang sayur dengan ukuran 3 x 3 meter sejumlah 96. Dengan demikian, totalnya 136 unit kios. Pada tahap pertama lalu anggaran yang digunakan menelan Rp 9 miliar.

Sementara itu Ketua DPRD Kota Batu Cahyo Edi Purnomo menjelaskan, kegagalan pembangunan padar unit sayur itu sudah terlihat sejak adanya lelang yang cukup lama. Kemudian jarang waktu yang terlalu mepet. 

“Logikanya siapa yang mau lelang proyek yang hitungannya tinggal 1 bulan mana ada pihak ke 3 yang mau,” ucap Cahyo. 

Menurutnya jika Pemkot Batu sudah memiliki anggaran segera harus diatur perencanaannya dengan maksimal. 

Pewarta : Irsya Richa
Editor : A Yahya
Publisher :
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->