Ada Empat Varietas Anggrek Dendrobium Baru Senilai Rp 20 juta di Among Tani, Inilah Keindahannya

Tiga varietas anggrek dendrobium baru terpajang di Batu Shining Orchid Week di Graha Pancasila Balai Kota Among Tani, Senin (19/11/2018). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Tiga varietas anggrek dendrobium baru terpajang di Batu Shining Orchid Week di Graha Pancasila Balai Kota Among Tani, Senin (19/11/2018). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Ada empat varietas baru yang dihadirkan dalam Batu Shining Orchid Week di Graha Pancasila Balai Kota Among Tani, Senin (19/11/2018). Namanya Dendrobium Rums Beauty, Dendrobium Paras Ayu, Dendrobium Shining Batu, dan Dendrobium Wibi Asri.

Ke empat varites ini akan segera diregisterkan oleh Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) di Royal Holticulture Society London. Varites itu merupakan hasil silangan yang dilakukan oleh Dedek Setia Santoso warga Kelurahan Dadaprejo Kecamatan Junrejo.

Semua dendrobium varietas baru itu hasil silangan dari beberapa anggrek. Untuk Dendrobium Shining Batu dari hasil silangan anggrek Grammatophyllum Tiger Paw dan Grammatophyllum. 

Keunggulan dari anggrek Dendrobium ini adalah warnanya hijau dengan sepot tebal cokelat. Dalam satu tangkai itu memiliki lebih dari 40 kuntum dan tahan lama. Lalu paras ayu merupakan silangan dari Dendrobium Black Spider dengan Violaceoflavens. Kelebihannya memiliki susunan rapi, bentuk bunga melintir, bunga tebal, tahan lama, dan wangi.

“Dan kebetulan anggrek dendrobium ini juga cepat berbunga. Mulai dari silangan hingga berbunga kurang lebih selama 1,5 tahun,” kata Dedek. 

Kemudian ada Rums Beauty hasil dari silangan dari Pink Lips dengan Violacie anggrek dari Filipina. Kelebihannya memiliki bunga tebal, wangi, susunan rapi warna cerah ungu, dan kokoh.

Yang ke empat Dendrobium Wibi Asri hasil dari silangan merupakan hasil silangan dari Dendrobium Brown Pixie dengan Edoardo. Tanaman ini memiliki warna lebih menyala, susunan lebih rapi dan lebih cepat berbunga. 

“Seperti nama Paras Ayu adalah nama anak dari pasangan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko dan Eddy Rumpoko. Sedangkan Wabi Asri nama dari Ketua TP PKK Kota Batu,” katanya kepada MalangTIMES.

Menurutnya bunga anggrek Dendrobium itu memiliki bunga yang melintir harganya akan semakin tinggi. Tergantung juga tingginya dari bunga anggrek tersebut.

“Dilihat dari melintirnya bunga anggrek dan besarnya ini kalau diuangkan itu mulai dari Rp 1 juta sampai Rp 20 juta per pohonnya,” ujar pria yang juga Wakil Ketua PAI Malang Raya ini.

Untuk saat ini ke empat anggrek varites baru itu sedang dalam proses diregisterkan atau legalkan di London. Kurang lebih prosesnya selama satu bulan. 

Sementara itu Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menambahkan, hadirnya empat varietas baru ini sangat menarik baginya. “Petani di Kota Batu mampu memberikan kontribusinya, mampu membuat varietas tanaman yang memiliki nilai,” ungkap Dewanti.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher :
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->