Segera Pesan! Jelang Akhir Tahun, Kamar Hotel di Kota Batu Mulai Penuh

BATUTIMES - Bagi wisatawan yang sudah memiliki rencana berwisata lebih dari satu hari di Kota Batu rupanya harus segera mencari penginapan. Sebab beberapa hotel okupansi (tingkat hunian) mulai meningkat. 

Bahkan beberapa hotel di malam pergantian tahun dan Natal nanti sudah fully booked. Padahal, harga menginap perhari naik tiga kali lipat dibandingkan hari biasanya.

Seperti halnya hotel baru yang ada di Jl Abdul Gani Atas Kelurahan Ngaglik Aston Inn. Di sana sejak bulan September sudah penuh dipesan atau 100 persen.

“Tingkat hunian yang sudah tersisi untuk 20 Desember sampai 5 Januari 2019. Padahal, harga hunian juga naik dibandingkan biasanya,” kata kata Didik Rocki Wahyono, General Manajer Aston Inn Batu. 

Ia menjelaskan kenaikan kamar yang ditawarkan seperti Superior saat weekday sewa sehari sekitar Rp 650 ribu naik menjadi Rp 1,3 juta. Untuk deluxe  mencapai Rp 2 juta, family Rp 1,75 juta, dan Suite Rp 2,5 juta.

“Tetapi dengan kenaikan harga ini, seolah tidak mempengaruhi minat wisatawan yang meningap. Wisatawan tetap antusias,” imbuhnya. 

Selain itu okupansi yang hampir mencapai 100 persen itu adalah El Royale Kartika Wijaya Hotel. Di sana tingkat hunian mencapai 90 persen. Tetapi pada saat natal dan tahun baru mendatang dirasa okupansi bisa 100 persen.

“Kalau sekarang memang masih 90 persen. Tapi biasanya kalau mendekati natal atau tahun baru langsung penuh,” ujar Front Office Manager El Royale Kartika Wijaya Hotel Tovid Agus Ivandi.

Harga yang disuguhkan pun naik 1 kali lipat. Tetapi mereka menjual paket dua hari tiga malam, mulai 30 Desember dan cek out 1 Januari. Harganya, untuk paket paling murah Rp 4,3 juta untuk kamar moderate dan paling mahal presiden suite Rp 10,5 juta.

Lainnya untuk The Singhasari Resort okupansinya natal sudah mencapai 80 persen. Sedangkan untuk tahun baru mencapai 76 persen.

Public Relation The Singhasari Resort Aditya Kurniawan menambahkan, optimis bakal sampai 100 persen sebelum pertengahan Desember.

“Karena menang tren setiap tahun itu berbeda-beda. kalau dulu akhir desember mulai ramai yang booking, namun sekarang sudah mulai tinggi,” ungkap Adit.

Ia pun yakin pada pertengahan Desember mendatang okupansi mencapai 100 persen. Sedang jumlah hotel yang masuk dalam Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batu ada 59 hotel. Dari 59 hotel itu terdapat jumlah kamar 3.877. 

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher :
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->