Objek-Objek Wisata Paling Unik di Dunia, di Kota Batu Juga Ada

Pulau Boneka di Meksiko.
Pulau Boneka di Meksiko.

BATUTIMES - Beberapa destinasi  wisata di dunia menarik perhatian wisatawan. Salah satunya juga karena hal absurd atau keanehannya. Ternyata salah satunya ada di Kota Batu. 

Berikut ini, destinasi wisata yang unik di dunia:

1. Air Mancur Suara

 Banyak tempat wisata yang menyuguhkan air mancur cukup mengagumkan. Selain bentuknya yang indah, aliran air mancur sangat menarik untuk dilihat.

Apalagi air mancur yang  satu ini karena bisa dikontrol dengan suara. Tepatnya di negara China, di tempat wisata Gua Seribu Buddha. 

Di sana, seorang perempuan sedang berdiri di sebuah tempat sambil membawa alat pengeras suata atau mic untuk mengendalikan air mancur. 

Begitu Perempuan itu berteriak, air mancur pun otomatis memancurkan air yang tinggi dengan mengikuti intonasi suaranya. Semakin kencang suara, semakin tinggi pula air mancur ini. 

Ternyata air mancur tersrbut merupakan buatan dari  perusahaan Himalaya Music. Perusahaan ini telah berkali-kali membuat air mancur yang indah.

2. Bekas Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir

 Ada sebuah tempat bekas tenaga pembangkit nuklir baru-baru ini telah dibuka untuk umum sebagai salah satu destinasi wisata di China. Tempat ini tepat berada di gua terbesar yang pernah dibangun oleh manusia selama perang dingin.

Dibukanya tempat pembangkit nuklir itu memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk mengeksplorasi cara kerja pembangkit listrik tersebut. Tempat pembangkit ini memiliki luas 104 meter persegi. Proses pembangunannya membutuhkan waktu 17 tahun sebelum akhirnya ditutup oleh komisi militer pusat.

3. Pulau Boneka

Namanya Island of the Doll atau Pulau Boneka. Tempat wisata seram ini berada  di kawasan sungai di Kota Meksiko. 

Pulau yang ukurannya kecil itu hanya ditumbuhi pepohonan dan tanpa penduduk. Tapi di pohon-pohonnya, banyak boneka yang digantung. Cuma, boneka ini jauh dari kata lucu alias menyeramkan. Alasannya konon, puluhan tahun lalu seorang gadis cilik tenggelam di dekat pulau itu. 

Setelah itu, penjaga pulau tersebut digentayangi oleh arwah gadis cilik tersebut.  Dan untuk membuat arwah anak kecil itu tenang, ada  kepercayaan menggantungkan boneka-boneka di setiap sudut.

Dari pengakuan masyarakat, sering terjadi hal gaib di pulau itu. Ada yang melihat anak kecil bermain dengan boneka dan mendengar suara bisikan dari boneka.

4. Kuil Seribu Tikus

Kami Mata Temple atau Kuil Ribuan Tikus. Pernah terbayang tidak saat berwisata malah dikerubungi tikus? 

Itulah tempat wisata di India ini. Selain tempat ibadah, juga jadi rumah ribuan tikus. Sekali melangkah, pasti akan bertemu tikus di setiap sudutnya seperti di gagang pintu, kolong meja, di sela-sela ventilasi, dan di seluruh suduh ruangan.

Tikus-tikus itu merupakan peliharaan rumah ibadah tersebut. Jadi, binatang tersebut dihormati dan diberi persembahan seperti biji-bijian, susu, dan kelapa dalam wadah besi besar. 

Tikus-tikus dianggap golongan yang suci sehingga para jamaah menyayangi tikus itu. Bahkan para jamaah terkadang membawa sisa susu atau yang lainnya dan memakannya karena mereka percaya akan membawa berkah dan nasib baik.

5. Selamatan Kentang

Ini adalah satu budaya yang wajib dilakukan di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Petani kentang di Desa Sumber Brantas punya kebudayaan tersendiri sebelum menanam kentang. Namanya ponjo kentang atau menanam kentang. Sejak dimulai akan menanam dan sesudah menanam, warga Desa Sumber Brantas pasti melakukan selamatan. 

Kemudian warga memakan makanannya  secara bersama di area persawahan. Ritual itu dilakukan sebagai rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Juga agar diberi kelancaran selama proses tanam. Bahkan untuk memulai tanam, jumlah kentang ditentukan dengan hari baiknya.  

Selain bisa menyaksikan wisata budaya itu, wisatawan juga mendapatkan pemandangan yang indah karena tepat di kaki gunung yang sore harinya kabut mengepung area ini. (*)

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yunan Helmy
Publisher :
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->