Bangun Gedung Kesenian, Pemkot Blitar Kucurkan Rp 4,7 Miliar

Ilustrasi.(Foto : Curup Ekspress)
Ilustrasi.(Foto : Curup Ekspress)

BATUTIMES - Fasilitas kesenian di Kota Blitar akan bertambah. Kepastian ini setelah Pemerintah Kota Blitar akan mengucurkan anggaran pembangunan untuk fasilitas gedung kesenian di tahun 2019.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, Tri Iman Prasetyono, menjelaskan tahun ini Pemkot menggelontorkan anggaran sekitar Rp 4,7 miliar. Dana besar tersebut dipergunakan untuk penambahan fasilitas tambahan gedung kesenian di Jalan Kenari, Kelurahan Plosokerep, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar.

“Anggaran itu untuk pembangunan beberapa fasilitas pendukung,” kata Tri Iman.

Dikatakannya, fasilitas pendukung yang akan dibangun tersebut meliputi bangunan food court, mushola, dan ampiteater. “Ampiteater itu nantinya berlokasi di belakang gedung kesenian,” terangnya.

Pembangunan fasilitas tambahan itu rencananya dilaksanakan pada April. Selain tiga fasilitas itu, juga ada pembangunan pagar, jalan letter U untuk akses ke ampiteater, dan sejumlah fasilitas di dalam gedung kesenian, salah satunya peredam suara. “Dan termasuk penambahan jaringan listrik dan kelengkapan lainnya,” ungkap.

Pembangunan gedung kesenian merupakan kewenangan dari Disparbud Kota Blitar. Pembangunan itu dimulai sejak 2017 lalu. Karena keterbatasan anggaran, gedung kesenian dibangun secara bertahap.

Pada pembangunan tahap pertama Pemkot mengalokasikan anggaran Rp 4,6 milliar. Kemudian, tahap kedua dianggarkan sekitar Rp 4,5 milliar dari APBD 2016. Lalu pada 2017, pada pembangunan tahap tiga pemkot menggelontorkan dana RP 4 milliar dan pada 2018, pemkot mengalokasikan Rp 700 juta untuk pembangunan paving.(*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor :
Publisher :
-->

    Tidak ada artikel terkait

Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->