KPU Jombang Bentuk Relawan Demokrasi Untuk Tingkatkan Partisipasi Masyarakat

Sejumlah calon relawan demokrasi saat melakukan seleksi wawancara. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)
Sejumlah calon relawan demokrasi saat melakukan seleksi wawancara. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)

BATUTIMES -  

Partisipasi masyarakat pada pemilihan umum (Pemilu) selalu menjadi faktor penting yang harus diperhatikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai bentuk keberhasilan penyelenggaraan pemilu. Untuk mencapai hal tersebut, KPU Kabupaten Jombang membentuk Relawan Demokrasi (Relasi). 

Komisioner KPU Kabupaten Jombang, M Fatoni mengatakan, Relawan Demokrasi ini nantinya akan bertugas melakukan sosialisasi ke dalam 11 basis pemilih. Seperti, basis keluarga, basis pemilih pemula, basis pemilih muda, basis pemilih perempuan, basis penyandang disabilitas, basis pemilih berkebutuhan khusus, basis kaum marginal, basis komunitas, basis keagamaan, basis warga internet. "Pelopor-pelopor demokrasi akan dibentuk di setiap basis yang kemudian menjadi penyuluh pada setiap komunitasnya," ujar Fatoni, Senin (14/1). 

Hadirnya Relawan Demokrasi tersebut, diterangkan Fatoni, bertugas untuk meningkatkan kualitas proses pemilu, meningkatkan partisipasi pemilih, meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi pada Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif 2019. "Ini juga membangkitkan kesukarelaan masyarakat sipil dalam agenda pemilu dan demokratisasi," terangnya. 

Sementara, hingga hari ini (14/1), sudah Sebanyak 133 peserta dari 10 basis yang mulai mengikuti seleksi wawancara di gedung Husni Kamil Manik, kantor KPU Kabupaten Jombang, Jl KH Romly Tamim, Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto. "Mereka akan diseleksi hingga terpilih 55 orang relawan," tandasnya. 

Dijelaskan, sebanyak 133 peserta tersebut bakal diuji sejumlah materi yang berkaitan dengan latar belakang mereka mulai dari pengalman, pendidikan, motivasi dan jaringan masing masing peserta. "Misalnya mereka punya pengalaman di organisasi, itu sangat perlu," jelas Fatoni. Sedangkan, untuk honor Relawan Domokrasi ini, pihak KPU akan memberikannya honor sebesar Rp 750 ribu setiap bulannya dengan kontrak selama 3 bulan kedepan. "Mereka akan kami kontrak mulai 17 Januari hingga 17 April," tutupnya.(*)

 

Pewarta : Adi Rosul
Editor :
Publisher :
-->

    Tidak ada artikel terkait

Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->