5 Agama Baru dengan Ajaran yang Nyeleneh

Foto istimewa (Universe People)
Foto istimewa (Universe People)

BATUTIMES - Agama memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat. Di Indonesia, tiap penduduk diberi kebebasan untuk memilih dan mempraktikkan kepercayaannya. Mereka dijamin kebebasannya untuk menyembah menurut agama atau kepercayaannya. 

Namun, pemerintah secara resmi hanya mengakui enam agama. Yakni Islam, Protestan, Katolik, Hindu, Buddha dan Khonghucu.

Di luar sana, masih banyak lagi agama yang ada. Menurut perkiraan, terdapat sekitar 4.200 agama yang saat ini tengah berkembang di seluruh dunia. Meskipun mempunyai kepercayaan yang berlainan dan berbeda-beda, hampir semua agama yang ada mengajarkan kebaikan dan budi pekerti yang luhur.

Namun, ada pula agama yang memiliki ajaran yang nyeleneh. Berikut ini 5 agama baru dengan ajaran yang paling aneh di dunia.

1. The Nation of Yahweh

Agama ini didirikan pada tahun 1979 oleh Hulon Mithcell Jr. yang kemudian memakai nama Yahweh bin Yahweh. Ajaran utamanya adalah membawa masyarakat kulit hitam Amerika yang mereka percayai sebagai penguasa asli bangsa Israel untuk kembali ke tanah asal mereka di Israel.

Ajaran kepercayaan ini juga menganggap Yahweh sebagai anak Tuhan. Dalam perkembangannya, ajaran ini banyak mendapat kritikan karena mengajarkan rasisme dan superioritas kaum kulit hitam.

Meskipun Yahweh sudah bersumpah untuk tetap hidup dalam kesederhanaan, dari para umatnya, dia sukses mengumpulkan dana sekitar 250 juta dolar Amerika atau setara dengan 3,3 triliun rupiah.

Dana yang fantastis itu dikumpulkan dari para pengikutnya yang tersebar di 1.300 daerah di Amerika dan 16 negara lainnya. Meskipun pemimpinnya sudah meninggal dunia pada tahun 2007 yang lalu, kepercayaan ini sampai detik ini pun masih tetap eksis.

2. Scientology