Vila Tempat Peristirahatan Bung Karno Itu Jadi Obat Kerinduan Wisatawan

Vila Bima Shakti berada di kawasan Taman Rekreasi Selecta, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji. (Foto: istimewa)
Vila Bima Shakti berada di kawasan Taman Rekreasi Selecta, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji. (Foto: istimewa)

BATUTIMES - Vila Bima Shakti merupakan nama pemberian Presiden pertama Republik Indonesia Ir Soekarno. Vila itu berada di kawasan Taman Rekreasi Selecta, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji. Hingga saat ini, penginapan legendaris itu tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan. 

Jika memasuki pintu masuk, wisatawan akan disambut dengan bangunan khas bergaya Eropa bercat putih dikelilingi pepohonan dan taman. Dari sana juga bisa menikamti pemandangan indah area Selecta.

Vila ini menjadi pilihan wisatawan karena dulunya penginapan tersebut sering menjadi tempat beristirahat Bung Karno. Sebelum diubah menjadi Vila Bima Shakti, namanya adalah Villa De Brandaric.

“Di wisma ini-lah dulunya Bun Karno istirahat. Sering sekali memang memilih di sini. Karena dari kamar ini bisa melihat pemandangan perbukitan dan hawanya sejuk,” ujar Direktur Selecta Sujud. 

Hingga saat ini seluruh ornamen, dekorasi, dan perabotannya tidak diganti. “Hanya kami rawat. Yang diganti itu seperti kamar mandi karena nggak layak. Jadi, kami renovasi,” imbuhnya.

Di dalam wisma tersebut, terpajang berbagai lukisan Bung Karno. Juga terpampang tulisan tangan yang pernah ditulis Bung Karno 2 tentang Selecta. Tulisan dalam dibingkai itu yakni ‘Kenang-kenangan pada Selecta tetap hidup dalam ingatan saja. Bukan sadja karena tamasja jang indah, tetapi djuga karena di Selecta itu beberapa putusan penting mengenai perdjoangan Negara telah saja ambil’.

Bagi wisatawan yang tertarik untuk menginap, tarifnya Rp 750 ribu per kamar. “Harga ini sama hari biasa ataupun hari libur,” jelas Sujud. 

Hingga saat ini masih banyak wisatawan yang penasaran dengan penginapan yang pernah jadi peristirahatan presiden pertama di Indonesia itu. Wisatawan dari berbagai daerah berbondong-bondong untuk menjajal penginapan tersebut. Bagi mereka, menginap di sana juga berarti mengobati rasa kerinduan kepada Bung Karno dan Bung Hatta. 

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yunan Helmy
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->