Kisah Menyedihkan di Balik Hari Valentine

Foto ilustrasi (ist)
Foto ilustrasi (ist)

BATUTIMES - Hari ini (14/2) dikenal sebagai hari Valentine atau hari kasih sayang. Untuk merayakannya, orang-orang biasanya memberikan coklat, bunga, atau kartu ucapan kepada orang yang ia sayang.

Namun, tahukah kamu? Hari yang dijuluki sebagai the most romantic day of the year ini sebenarnya memiliki sejarah yang kelam dan menyedihkan.

Valentine berasal dari nama seorang pendeta yang bernama St. Valentine. Dia adalah seorang pendeta yang hidup pada kekaisaran Cladius di Roma.

Sang Kaisar sangat berambisi untuk memiliki pasukan militer yang kuat dan juga besar, namun keinginan tersebut tidak didukung penuh oleh para rakyatnya terutama para pria. Mereka tidak ingin berpisah dengan keluarga yang dicintainya.

Kenyataan itu membuat Kaisar Cladius marah dan memerintahkan untuk melarang pernikahan. Tentu saja perintah seorang kaisar tidak dapat dibantah oleh rakyatnya.

Meski begitu, ada satu pendeta yang tidak setuju dengan keputusan tersebut. Dia adalah St. Valentine. Valentine beranggapan, perintah Kaisar sangat tidak manusiawi. Ia tetap melanjutkan tugasnya, yakni memberikan pemberkatan bagi mereka yang ingin menikah.

Hal itu dilakukannya secara diam-diam di sebuah kapal kecil. Hingga akhirnya suatu hari diketahui juga oleh Kaisar ketika Valentine sedang melakukan pemberkatan dengan pasangan yang ingin menikah.

Sang Kaisar marah. Ia memerintahkan prajuritnya untuk menangkap dan menghukum Valentine. Kemudian, Valentine diberikan hukuman  mati. Hukuman mati tersebut dilaksanakan tepat pada tanggal 14 Februari.

Pada hari kematiannya, St. Valentine banyak mendapat pujian karena keberaniannya dalam menikahkan banyak orang. Pada saat hari eksekusinya banyak orang yang memberikan bunga sebagai lambang kasih sayang mereka pada sang pendeta tersebut.

Hingga saat ini, perayaan kematian St. Valentine diperingati sebagai hari kasih sayang atau hari Valentine ini. Maka dari itu hari Valentine identik dengan memberikan bunga.

Pewarta : Imarotul Izzah
Editor :
Publisher :
-->

    Tidak ada artikel terkait

Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->