Balai Penyuluh Tangsil Gelar Kuliah Lapang, Ajari Petani Basmi Penyakit Blas

Saichul, penyuluh pertanian lapang (PPL) BP Tangsil.
Saichul, penyuluh pertanian lapang (PPL) BP Tangsil.

BATUTIMES - Balai Penyuluh (BP) Tangsil mengadakan gerakan kuliah lapang dalam upaya peningkatan kapasitas penyuluh dan kelembagaan petani.  Acara yang dilaksanakan pada 14 Februari 2019 ini teragendakan dengan beberapa kegiatan.

Bentuk  kegiatannya antara lain penyemprotan masal OPT, pemaparan materi management tanaman sehat (MTS), pengenalan aplikasi pestisida kimia secara bijaksana. Juga trik membuat bulir padi bernas dan penyaluran bantuan obat-obatan fungisida oleh Dinas Pertanian Bondowoso.  

Selain untuk peningkatan kapasitas penyuluh, kegiatan ini juga sebagai bentuk respons Dinas Pertanian terhadap keluhan petani akan maraknya wabah penyakit blas di Bondowoso.

 Kuliah lapang ini setidaknya melibatkan para penyuluh pertanian di tiga kecamatan, yaitu Bondowoso, Tenggarang, dan Tegalampel, dengan jumlah peserta 47 orang. Kegiatan turut dihadiri camat Tegalampel, danramil serta babinsa Sekarputih, Kelompok Tani Sekar Jaya VIII dan Mitra Saprotan.  

Syaichul, penyuluh pertanian lapang (PPL) Sekarputih mengatakan, kegiatan yang diadakan BP Tangsil ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kapasitas penyuluh. "Selain penyampaian teori, para penyuluh  juga diajak  terjun langsung di lapangan dengan melakukan penyemprotan masal untuk mengatasi wabah penyakit blas," ucapnya.

Menurut dia,  tujuan kuliah lapang ini adalah ajang untuk mendekatkan komunikasi dan silatuahmi BP Tangsil dengan petani, pemerintah setempat, dan mitra strategisnya. Tujuan lainnya, peningkatan kapasitas penyuluh BP Tangsil dengan upaya menggali langsung tantangan ekosistem, sosial budaya, OPT serta membangun jaring kemitraan dalam memajukan pengetahuan, sikap dan keterampilan petani.
 

Pewarta : Moh Fajri
Editor :
Publisher :
-->

    Tidak ada artikel terkait

Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->