Empat Bulan Lagi, Pelajar SMA/SMK di Kota Batu Terima Bantuan Total Rp 20 Miliar

Para pelajar SMA/SMK berprestasi saat berada di Polres Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Para pelajar SMA/SMK berprestasi saat berada di Polres Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Para pelajar SMA/SMK/MA di Kota Batu sebentar lagi tak perlu khawatir lagi masalah biaya pendidikan. Sebab pada bulan Juli mendatang Pemkot Batu akan mengucurkan bantuan siswa senilai Rp 20 miliar.

Bantuan siswa itu sejumlah Rp 120 ribu per pelajar untuk jenjang SMA/MA. Sementara, untuk pelajar SMK menerima Rp 200 ribu per orang.

Sedangkan para pelajar SMA setiap bulan membayar uang sekolah Rp 110 ribu. Dan siswa SMK non teknik Rp 145 ribu, dan SMK teknik Rp 185 ribu.

“Untuk sementara bulan Januari hingga Juni siswa tetap membayar sekolah menggunakan biaya sendiri. Baru setelah itu bulan Juli nanti kita ganti,” kata Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso.

Ia menambahkan bantuan siswa itu merupakan pengganti Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) dari Pemkot Batu. Sebab Pemkot Batu telah menghapus bantuan tersebut.

“Kami terpaksa mencabut Bosda tahun 2019 karena sudah menjadi keputusan Pemprov Jatim. Bahwa daerah tidak diperkenankan memberikan bantuan,” imbuhnya.

Pemkot Batu terpaksa mencabut bantuan tersebut padahal alokasi anggaran Bosda sudah ada dalam Anggaran Perubahan Belanda Daerah (APBD) Kota Batu tahun 2019. Nilainya sejumlah Rp 20 miliar.

“Setelah mendapatkan banyak masukan, nama programnya diganti dengan bantuan siswa,” tambah mantan anggota DPRD Kabupaten Malang ini.

Menurutnya bantuan itu tetap diberikan agar tidak ada ketakutan pelajar untuk melanjutkan sekolah. Kebijakan ini juga menunjukkan keseriusan Pemkot Batu dalam mendukung pendidikan.

“Karena kami memang fokus dengan pendidikan di Kota Batu. Jangan sampai mereka putus sekolah karena tidak memiliki biaya,” ucapnya.

Untuk proses saat ini menunggu bagaimana bantuan itu nanti diberikan. Alur bantuan itu nanti diatur oleh provinsi, sehingga Pemkot Batu tetap mengikuti aturan yang berlaku. 

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Heryanto
Publisher :
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->