Beasiswa Perguruan Tinggi Untuk Pelajar Kota Batu Bebas Pilih Jurusan

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Eny Rachyuningsih. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Eny Rachyuningsih. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Tahun 2019 ini Pemkot Batu melalui Dinas Pendidikan mengalokasikan anggaran khusus sebesar Rp 2 miliar. Anggaran tersebut dialokasikan untuk beasiswa bagi pelajar yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi.

Beasiswa tersebut tidak hanya diperuntukkan khusus untuk jurusan Pertanian dan Pariwisata. Akan tetapi juga berlaku untuk semua jurusan.

“Kita utamakan untuk yang berminat di jurusan pariwisata atau pertanian sesuai dengan potensi Kota Batu. Tapi juga boleh untuk jurusan yang lainnya,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Eny Rachyuningsih.

Beasiswa itu berbeda dengan ketentuan sebelumnya, sebab tahun 2019 ini pelajar yang ingin meneruskan keperguruan tinggi bebas memilih jurusan yang diinginkan.

“Penambahan jurusan beasiswa ini agar siswa kota Batu bisa fokus untuk belajar. Disisi lain juga untuk melihat potensi siswa di Kota Batu paling banyak dibidang apa,” imbuhnya, selasa (5/3/2019).

Menurutnya peluang untuk mengambil jurusan lain bisa dipilih dengan syarat dari keluarga yang tidak mampu dan memiliki semangat belajar tinggi.

“Ini juga berlaku untuk yang ingin mendapatkan beasiswa ini syaratnya adalah dari keluarga yang tidak mampu,” ujar mantan Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kota Batu.

Lalu berapa pelajar yang dapat menerima beasiswa ini? Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso menambahkan, akan disesuaikam dengan jumlah alokasi dana yang anggarka.

“Mereka juga bebas memilih perguruan tinggi baik di Indonesia maupun Luar Negeri. Kembali lagi asalkan mereka dari keluarga tidak mampu,” ujar Punjul.

Selain itu pelajat yang mendapatkan beasiswa itu harus menyelesaikan studynya selama empat tahun. Jika lebih dari itu, biaya akan ditanggung oleh pelajar atai calon mahasiswa tersebut.

Menurut Punjul beasiswa ini diberikan kepada warga Kota Batu karena memang Pemkot Batu ingin meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Batu. “Juga wujud kami serius menangani dan memajukan dunia pendidikan di Kota Batu,” harapnya.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : A Yahya
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->