Terlilit Hutang Rp 18 Juta, Buat Driver Grab Gelap Mata

Pelaku perampasan HP (tengah) saat dirilis petugas (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Pelaku perampasan HP (tengah) saat dirilis petugas (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

BATUTIMES - Motif ekonomi dan lilitan jerat hutang memang saat ini menjadi salah satu penyebab terjadinya kejahatan hingga membuat seseorang menjadi gelap mata. 

Seperti yang dilakukan oleh seorang oknum driver ojek online Grab yang bernama Wahyu Aditya Rahman (34) warga Jalan Muharto gang VII, Kelurahan Kotalama, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

Wahyu nekat melakukan perampasan empat HP  milik Zakaria Ahmad (18) warga asal Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang dan tiga temannya di kawasan Balaikota Malang pada  Februari 2019.

Saat rilis, dari pengakuan pelaku, terungkap jika pelaku terpaksa melakukan perampasan tersebut karena terdesak untuk kebutuhan membayar hutang. Ia terjerat hutang sebesar Rp 18 juta kepada seseorang.

"Ia pelaku ini nekat melakukan aksinya karena punya hutang Rp 18 juta dan untuk kebutuhan hidup sehari-hari," ungkap Kasat Reskrim Polres Malang Kota AKP Komang Yogi Arya Wiguna, saat rilis kasus (8/3/2019).

Sementara itu, penangkapan pelaku bermula atas laporan korban yang juga mengetahui plat nomor kendaraan milik pelaku. Dari situ, petugas kemudian melakukan penyelidikan. Sampai akhirnya bisa menangkap pelaku di kawasan tempat tinggalnya di Muharto (27/2/2019).

"Kalau sehari-hari, pelaku ini memang seorang driver ojek online. Namun karena terdesak hutang, akhirnya pelaku nekat. Pelaku mengaku masih satu kali ini beraksi, tapi kami masih terus kembangkan pengakuan pelaku," jelasnya.

Dari tangan pelaku, petugas berhasil mengamankan barang bukti empat buah HP yang belum sempat dijual, yakni dua buah HP bermerek Oppo, dan dua buah HP bermerek Samsung.

Akibat perbuatannya, pelaku terancam pasal 365 tentang pencurian dengan kekerasan dengan hukuman penjara selama sembilan tahun penjara.

Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor :
Publisher :
-->

    Tidak ada artikel terkait

Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->