Pencuri Ini Ditangkap Polisi Karena Pakai HP Hasil Kejahatan

Sianto alias Toti beserta barang bukti hasil pencurian saat diamankan jajaran kepolisian, Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Foto : Humas Polres Malang for MalangTIMES)
Sianto alias Toti beserta barang bukti hasil pencurian saat diamankan jajaran kepolisian, Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Foto : Humas Polres Malang for MalangTIMES)

BATUTIMES - Setelah sempat menjadi buron, Sianto alias Toti akhirnya berhasil dibekuk polisi. Warga Dusun/Desa Sindurejo Kecamatan Gedangan ini, diamankan petugas lantaran terlibat kasus pencurian. Akibat perbuatannya, tersangka kini harus mendekam dibalik jeruji penjara Polsek Sumbermanjing Wetan (Sumawe), Jumat (15/3/2019).

“Tersangka memang spesialis pencurian, dari pendalaman sementara pelaku sudah beraksi di dua lokasi yang berbeda,” kata Kapolsek Sumawe AKP Agus Murdiantono.

Terakhir, Toti beraksi di salah satu rumah warga yang ada di Desa Ringinsari Kecamatan Sumawe, pada 16 Januari lalu. Tepatnya sekitar pukul 03.00 waktu setempat, Hadi Sucipto (korban) dan keluarganya sedang tertidur pulas.

Mengetahui situasi yang sepi, Toti akhirnya memberanikan diri untuk masuk ke dalam rumah korban. Modusnya, tersangka masuk ke dalam rumah dengan cara mencongkel jendela bagian depan. Setelah berhasil masuk, pria 30 tahun itu langsung menggondol satu buah handphone dan satu unit sepeda motor Beat nopol N-3288-IQ milik korban. Tersangka kabur dengan membawa barang hasil curian melalui pintu utama.

Keesokan paginya, korban yang baru saja bangun dari tidur mengetahui jika sepeda motornya sudah tidak ada di tempat. Merasa curiga, korban akhirnya memeriksa seluruh bagian rumahnya dan mengetahui jika handphone miliknya juga raib dibawa pelaku.

Mengetahui jika dirinya baru saja menjadi korban pencurian, dia langsung melapor ke Polsek Sumawe. Mendapat laporan beberapa personel kepolisian dikerahkan ke lapangan untuk melakukan penyelidikan.

Dari hasil olah TKP (Tempat Kejadian Perkara) dan keterangan dari berbagai saksi, pelakunya mengarah kepada sosok Toti. Sekitar dua bulan berselang, polisi mengetahui posisi pelaku sedang berada di Dusun Suko Desa/Kecamatan Sumberpucung, dan langsung menggerebek yang bersangkutan. “Ketika diamankan kami mendapatkan barang bukti berupa handphone milik korban, yang dibawa oleh tersangka,” tegas Agus.

Perwira polisi dengan pangkat tiga balok di bahu ini menambahkan, dari proses pengembangan diketahui jika pelaku juga pernah beraksi di wilayah Kecamatan Pakisaji. Hal ini dikuatkan dengan barang bukti berupa sepeda motor Beat, yang sudah dicopot plat nomornya yang ditemukan dikediaman tersangka.

“Ketika dilakukan pendalaman, sepeda motor itu merupakan hasil curian yang pernah terjadi di wilayah Pakisaji. Kasus ini masih kami kembangkan, termasuk mencari keterlibatan pelaku lainnya yang bertugas sebagai penadah,” Ujar Agus.

Pewarta : Ashaq Lupito
Editor :
Publisher :
-->

    Tidak ada artikel terkait

Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->