Bagir Manan: Tidak Ada Kebebasan Tanpa Batas

Bagir Manan (paling kiri, pegang mic) saat memberikan materi. (Foto: Imarotul Izzah/MalangTIMES)
Bagir Manan (paling kiri, pegang mic) saat memberikan materi. (Foto: Imarotul Izzah/MalangTIMES)

BATUTIMES - Salah satu hak asasi manusia ialah kebebasan berbicara atau yang biasa disebut freedom of speech. Telah lama kebebasan berbicara dan berpendapat ini mengawal kemajuan peradaban manusia hingga bisa seperti sekarang ini. Bahkan kebebasan berbicara merupakan suatu simbol perjuangan manusia dalam menghapus perbudakan.

Namun, secara universal, tidak semua speech itu dijamin sebagai kebebasan. Menurut Mantan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia, Bagir Manan, ada dua pembatasan terhadap freedom of speech. Pertama, speech yang tidak digolongkan sebagai sesuatu yang dilindungi oleh kebebasan.

"Misalnya speech yang memfitnah, speech yang menghasut, speech yang membenci orang, speech yang kasar dengan kata kata yang tidak pantas," jelasnya saat memberikan materi dalam Diskusi Publik UU ITE, Pers Netral Menuju Pemilu Berkualitas di Auditorium Kampus III Universitas Widyagama Malang, Sabtu (16/3).

Menurut Bagir, yang disebutkannya itu tidak termasuk pengertian freedom of speech. Maka secara hukum boleh ditindak.

Pembatasan yang kedua, tidak dilindungi freedom of speech apabila bentuk tindakan berspeech itu conduct. Maksudnya, ada tindakan setelahnya yang bersifat destruktif.

"Contohnya begini. Demonstrasi itu dimasukkan sebagai freedom of speech karena dia hanya berisi pesan. Tapi ketika ada demonstrasi menduduki jalan sehingga menyebabkan orang tidak bisa lagi lalu lintas di sana atau demonstrasi itu kemudian menjarah toko, itu bukan lagi speech. Itu tidak dilindungi," tandas tokoh pers nasional tersebut.

Bagir menegaskan, kebebasan tanpa batas itu sejatinya tidak ada. "Tidak ada kebebasan tanpa batas karena kita ini hidup bersama," pungkasnya.

Pewarta : Imarotul Izzah
Editor :
Publisher :
-->

    Tidak ada artikel terkait

Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->