10 Benda Ini Tercepat di Dunia, Ada Yang Melebihi Kecepatan Suara

Ilustrasi hal tercepat di dunia. (Daftar5)
Ilustrasi hal tercepat di dunia. (Daftar5)

BATUTIMES - Semua orang tentu senang akan hal cepat karena tak membuat mereka menunggu lama. Dan hal itu berlaku entah dalam aktifitas apa pun.  

Namun, jika berbicara mengenai kecepatan, pernahkah kalian berpikir tentang hal apa saja yang menjadi tercepat di muka bumi ini, entah itu hewan, manusia,  super car atau benda lainnya?  

Mengenai hal tersebut, kali ini MalangTIMES bakal menginformasikan beberapa hal yang menjadi hal tercepat di dunia. Bahkan kecepatannya ada yang melebihi kecepatan suara. Lalu, apa saja hal itu? Mari kita simak informasinya.

1. Manusia Tercepat
 

Pada 2017, di Stadion London, Inggris, status manusia tercepat dipegang oleh Usian Bolt. Namun status tersebut kini tak dipegangnya lagi. Status manusia tercepat kini dipegang oleh Justin Gatlin, seorang pelari asal Amerika Serikat.

Ia meraih gelar menjadi pelari tercepat dengan catatan waktu 9,92 detik. Di urutan kedua ada Cristian Cold man yang mencatat waktu 9,94 detik dan Usain Bolt mencatat waktu 9,95 detik.

Meski berhasil mengalahkan Bolt, Justin tak lantas merayakan kemenangannya itu. Dia bahkan lantas sempat meminta maaf dan berlutut di hadapan Bolt.

2. Burung Tercepat
 

Burung tercepat di dunia ini hidup di bagian utara Amerika. Burung ini tergolong dalam bursa of pregnancy atau burung pemangsa. Bahkan kecepatan maksimumnya mencapai  389 km/jam. Burung tersebut bernama Peregrine Falcon.

Kendati memiliki ukuran tubuh yang cukup lumayan besar, saat berburu mangsa biasanya burung ini mengejar targetnya dengan kecepatan 320 km per jam.

Spesies burung ini pertama dideskripsikan oleh Marmaduke Tunstall pada 1771. Dari sudi yang dilakukan melalui teori-teori, memberikan hasil kecepatan yang dihasilkan oleh burung ini maksimum 400 km per jam ketika terbang pada ketinggian yang rendah dan 625 km per jam ketika terbang pada ketinggian yang begitu tinggi.

Namun untuk kecepatan secara eksperimental, rekor yang pernah dicatat oleh burung ini dalam hal kecepatannya sekitar 389 km per jam. Saat itu, hal ini diteliti oleh peniliti bernama Franklin pada tahun 2005.

3. Hewan Tercepat di Darat
 

Meskipun tidak menjadi hewan tercepat di dunia, bisa dibilang cheetah merupakan hewan yang paling cepat di daratan. Adapun rekor cheetah tercepat dipegang oleh cheetah bernama Sarah pada tahun 2011.

Sehingga cheetah memang harus diwaspadai. Sebab, hewan tersebut juga merupakan salah satu predator di puncak rantai makanan. Ia merupakan ancaman serius bagi mangsanya baik di hutan maupun di padang rumput.

4. Ikan Tercepat
 

Ikan sailfish dinobatkan sebagai ikan tercepat di dunia dengan kecepatan yang sangat begitu mengagumkan. Sebab, dengan dipasangi GPS oleh peneliti, kecepatan ikan ini mencapai 110 km/jam.

Ikan ini juga sering disebut sebagai ikan layar. Sebab sirip atasnya yang menyerupai layar kapal. Gerak supercepat ikan sailfish ini juga berasal dari kemampuan gerakan ekor yang sangat cepat. Ekor ikan sailfish yang bergerak ke depan dan belakang, mampu digerakkan hingga ratusan kali dengan otot kuatnya.

5. Mobil Tercepat
 

Mobil tercepat di dunia saat ini masih dipegang oleh Bugatti Chiron. Mobil penerus Bugatti Veyron ini memiliki harga mobil ini setara dengan 320 lebih mobil Expander.

Mesin mobil ini memiliki kapasitas 8,0 liter dan 16 silinder. Alhasil, tenaga yang bisa dihasilkan mencapai 1.600 horse power. Dengan tenaga sebesar itu, tak heran jika kecepatan muslim 0 sampai 100 bisa ditempuh dengan waktu 2,4 detik. Kecepatan maksimal dari mobil ini sendiri berada di 463 kilometer per jam.

6. Kereta Tercepat
 

Gelar kereta tercepat dipegang oleh kereta  bernama Shangai Maglev. Kereta ini menggunakan teknologi levitasi magnet untuk melaju. Kereta ini beroperasi di Bandara Pudong Shanghai menuju Stasiun Metro Longyang di pinggiran kota Shanghai. Hanya butuh waktu tujuh menitan menempuh jarak dua tempat itu.

Cepatnya jarak tempuh tersebut memang dirasa wajar. Sebab, saat menempuh rute itu, kereta ini melaju dengan kecepatan 400 km per jam. Untuk jarak 177 mil, bahkan bisa ditempuh oleh kereta tersebut hanya dalam waktu 40 menit.

7. Pesawat Tercepat
 

Pesawat tercepat di dunia adalah X15. Pesawat ini dioperasikan oleh NASA dan militer Amerika Serikat. Saat ini pesawat ini masih memegang rekor sebagai pesawat cepat berawak yang mencapai 7.273 km per jam, bahkan mengalahkan kecepatan suara.

Pesawat ini saat ini telah pensiun sejak tahun 1970. Namun programnya sudah digunakan bebrapa kali. Salah satunya adalah Neil Amstrong, manusia pertama yang melangkahkan kaki di bulan.

8. Komputer Tercepat
 

IBM dan mitranya memperkenankan sebuah komputer terpintar dan terkuat. Komputer tersebut bernama Sammit. Menurut IBM, komputer itu mampu melakukan pengolahan data 200 ribu quadrilion kalkulasi per detik.

Ibaratnya, jika setiap manusia di bumi ini melakukan kalkulasi per detik, maka akan membutuhkan waktu 305 hari untuk menyamai kemampuan dari komputer Sammit yang butuh waktu sedetik.

Gelar tersebut disabet IBM sejak 2012. Komputer ini dilengkapi dengan 40 ribu server komputasi, 22 chip IBM Power, dan 6 mesin Nvidia V100.

9. Rapper Tercepat
 

Twista Rapper Chicago ini mempunyai andil dalam perkembangan mid west chapper. Gaya rapper-nya masuk dalam Guines Book of Record pada 1992 sebagai rapper tercepat sepanjang sejarah.

Twista memiliki kemampuan mengucapkan 500 suku kata dalam waktu 55 detik. Debut pertamanya adalah mr.tang. ia menjadi rapper tercepat yang masih belum bisa ditandingi oleh orang lain.

Sejak debut pertamanya, kecepatan rap-nya tidak pernah sama sekali menurun. Dan dari lagu-lagunya menjadikan bukti bahwa ia masih tetap konsisten menggunakan gaya chapper.

10. Roaler Coaster Tercepat
 

Formula Rossa menjadi roller coaster tercepat di dunia saat ini. Melalui sistem hidrolik menjadikan kecepatan roller coaster mencapai 200 km per jam dan peroleh hanya dalam waktu lima detik saja.

Selain itu, roller coaster ini didesain menyerupai sebuah Ferrari agar yang menaiki roller coaster sebut merasa menaiki Ferrari.

Selama menaiki roller coaster, penumpang disarankan untuk memakai sabuk pengaman serta memakai kacamata pelindung. Hal itu untuk menghindari hal-hal seperti benturan udara maupun dengan seranga saat melaju dalam kecepatan tinggi.

Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor : Yunan Helmy
Publisher :
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->