Gusdurian Jatim Gelar Rembug Jaringan dan Lakukan Penanaman Pohon Gunung Lemongan

Anggota Gusdurian Jatim ketika berada di Gunung Lemongan Desa Papringan Kecamatan Klakah Lumajang (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Anggota Gusdurian Jatim ketika berada di Gunung Lemongan Desa Papringan Kecamatan Klakah Lumajang (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

BATUTIMES - Puluhan anggota Gusdurian dari sejumlah daerah di Jawa Timur, pada hari Minggu (7/4) kemarin menyusuri pendakian di lereng Gunung Lemongan desa Papringan Klakah Lumajang dalam sebuah kegiata bertajuk Rembug Gusdurian Jaringan Jatim.

Selain melakukan penanaman pohon, anggota Gusdurian Jatim ini juga mendapatkan pembekalan tentang gerakan konservasi dari Koordinator Laskar Hijau Aak Abdullah Al Kudus.

Bahkan dalam kesempatan para peserta juga mendapatkan kuliah singkat dari dari DR. Eko Teguh Paripurno, ahli gunung api sekaligus direktur Pusat Study Manajemen Bencana UPN Veteran Yogjakarta. Dalam kesempatan ini DR. Eko Teguh Paripurno memberikan penjelasan soal Gunung Lemongan dan materi lainnya tentang kegunung apian.

Dalam kesempatan ini Aak Abdullah Al Kudus memberikan penjelasan soal kecintaan kepada gunung dan kegiatan konservasi dalam kajian Islam.

“Nabi Muhammad SAW saat pertama kali menerima wahyu berada di goa Hira yang berada di Jabal Rahmah. Dan pada suatu ketika Nabi Muhammad juga pernah menyatakan bahwa kami mencintai Gunung Uhud dan Gunung Uhud juga mencintai kami. Berangkat dari hadist itu maka sebenarnya mencintai gunung dengan melakukan konservasi berarti kita juga mencintai keteladanan Nabi Muhammad SAW," jelas Aak Adullah Al Kudus dalam kesempatan ini.

Sementara itu Presidium Gusdurian Jawa Timur, Yuska Harimurti Pribadi, mengatakan, para penggerak Gusdurian di Jawa Timur ini sudah tiga hari berada di sekitaran Gunung Lemongan untuk berembug terkait perkembangan organisasi yang mengemban amanah untuk membumikan nilai-nilai dan keteladanan Gus Dur.

“Ini sekaligus merespon situasi terkini di Jawa Timur. Dan di penghujung kegiatan kami akhiri dengan menanam bersama di Gunung Lemongan. Kegiatan penghijauan ini merupakan cara kami untuk menyiapkan Social Leadership yang bermanfaat bagi hidup dan kehidupan," tegas Yuska Harimurti Pribadi.

Mukhibullah Ahmad dari Seknas Jaringan Gusdurian yang juga hadir dalam pertemuan ini menyatakan bahwa perkembangan Gusdurian di Jawa Timur sangat pesat. Sampai saat ini tercatat sudah ada 35 komunitas Gusdurian di Jawa Timur.

Pewarta : Moch. R. Abdul Fatah
Editor :
Publisher :
-->

    Tidak ada artikel terkait

Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->