Tahun Lalu Gagal, Alat Pencacah Sampah Kembali Dianggarkan Tahun Ini

Papan penunjuk area zona aktif pembuangan sampai di TPA Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Papan penunjuk area zona aktif pembuangan sampai di TPA Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

BATUTIMES - Hingga saat ini,  alat pencacah sampah tak kunjung hadir di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Namun tak putus asa, tahun 2019 ini Pemkot Batu kembali melakukan pengadaan alat pencacah sampah.

Pengadaan alat pencacah ini sudah direncanakan sejak tahun lalu, akan tetapi selalu gagal. “Awalnya melalui proses lelang, lalu beralih melalui proses e-catalog. Ya mungkin tahun 2018 kemarin itu spesifikasinya terlalu tinggi. Harapan kami sekalian maksimal,” ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu Arief As Siddiq.

Alat pencacah sampah ini sangat dibutuhkan di TPA untuk mengatasi permasalahan sampah. Sebab, sampah setiap hari masuk kurang lebih mencapai 80 ton di TPA tersebut.

“Karena itu di TPA ini kami sangat membutuhkan alat pencacah sampah. Dan beberapa kali gagal. Sekarang sedang proses lemang,” ujarnya.

Ia menambahkan, anggaran alat pencacah sampah ini dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Batu sejumlah Rp 5 miliar.

Fungsi dari mesin ini untuk menghancurkan sampah anorganik dan sejenisnya yang nantinya bisa didaur ulang menjadi biji plastik. "Selama ini sampah anorganik kita timbun dan terurainya sangat lama. Kalau pakai alat ini, akan hancur,” imbuhnya.

Jika nantinya alat ini dapat terwujud, tentunya akan mengurangi debit sampah di TPA Desa Tlekung. Ia pun berharap dari beragam program yang sedang berjalan agar nantinya bisa mewujudkan Kota Batu bebas sampah 2020. 

“Dan ini merupakan harapan Bu Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bahwa Kota Batu bebas sampah karena  Kota Batu tempat wisata,” tutup mantan camat Batu ini. 

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yunan Helmy
Publisher :
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->