Ribuan Warga Indonesia di Arab Saudi Mulai Menyalurkan Suaranya untuk Pilpres 2019, Begini Suasananya

Susana Pemilu Presiden tahun 2019 DPT sedang mengantri di Arab Saudi, Sabtu (13/4/2019) (Foto: istimewa)
Susana Pemilu Presiden tahun 2019 DPT sedang mengantri di Arab Saudi, Sabtu (13/4/2019) (Foto: istimewa)

BATUTIMES - Ribuan warga Indonesia terlihat mengular mengikuti pemilihan umum (pemilu) tahun 2019.

Hal itu dilihat dari video yang berdurasi selama 3 menit oleh warga Indonesia yang sedang mengantre untuk menyalurkan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Untuk Pemilu 2019 ini, di Arab Saudi diselenggarakan di dua wilayah yakni di KBRI Riyadh dan Konsulat Kenderal RI (KJRI) Jeddah. 

Hanya saja, di dalam video belum diketahui lokasi pastinya. 

Terlihat dalam video yang sudah tersebar ke sejumlah sosial media, terlihat ribuan warga yang sedang berbondong-bondong untuk mencoblos surat suara. 

Ada ribuan orang juga yang sedang mengantre untuk masuk dalam TPS. 

Di sela-sela ramainya suasanya itu salah satu petugas menggunakan pakaian batik tampak berbicara menggunakan pengeras mengimbau agar tidak melakukan kampanye.

Sebab ada dari mereka yang sengaja mengarahkan pilihan calon presiden  Indomesia pada Pemilu 2019.

“Ibu-ibu dan bapak sekalian saya minta kita semua saudara, tidak ada kampanye pada hari ini. Hari ini kita berpesta untuk memilih pemimpin-pemimpin kita. Agar tidak terpecah belah, kita tidak bermusuhan kita memilih pemimpin kita,” kata petugas KPU. 

Sementara itu selain pencoblosan langsung ke Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) yang di laksanakan di KBRI Riyadh, warga yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap 1DPT di Arab Saudi juga dapat memilih melalui pos dan kotak suara keliling (KSK).

Pemilihan melalui KSK telah diselenggarakan di 7 titik pada 8-9 April 2019 lalu yakni di Kota Dammam, Al-Khobar, Jubail al-Ahsa, Buraidah, Hail, dan Skaka.

Arab Saudi menjadi daerah pemilihan luar negeri dengan jumlah DPT terbanyak kedua yakni sekitar 800 ribu orang dari total DPT luar negeri yang mencapai sekitar 2 juta orang. 

Pemilih terbanyak berada di Malaysia dengan jumlah DPT mencapai 1,2 juta orang.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Heryanto
Publisher :
Sumber : Jatim TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->