Besok Pemilu, Wali Kota Malang Sampaikan Ini untuk Warganya

Wali Kota Malang, Sutiaji (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).
Wali Kota Malang, Sutiaji (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

BATUTIMES - Pesta demokrasi akan berlangsung pada Rabu (17/4/2019) besok. Pemilihan umum (Pemilu) serentak pertama ini akan menjadi momen bersejarah. Karena Pilpres hingga Pileg dilakukan dalam waktu yang bersamaan.

Wali Kota Malang Sutiaji pun mengimbau, agar warga Kota Malang datang ke Tempat Pemilihan Suara (TPS) dan menggunakan hak pilihnya. Dia meminta agar warga Bumi Arema ini tak menjadi golongan putih (Golput).

"Gunakan hak pilih, dan mari bersama-sama ke TPS," jelasnya belum lama ini.

Menurutnya, pemilu merupakan implementasi hak rakyat yang secara politis dilibatkan langsung dalam menentukan arah dan kebijakan daerah serta negara untuk lima tahun ke depan. Masyarakat juga yang menentukan eksekutif serta legislatif.

Sehingga, partisipasi masyarakat dalam Pemilu ia nilai harus terus ditingkatkan. Setiap elemen memiliki peran untuk bisa bersama mengajak menggunakan hak pilih. Segi angka partisipasi masyarakat dalam Pemilu setiap tahunnya meningkat.

"Saya imbau untuk menggunakan hak pilihnya dengan penuh optimisme dan bertanggung jawab. Jangan golput, mari kita bersama-sama mendukung pemilu yang aman, damai, dan tertib," pungkasnya.

Sebagai informasi, jumlah total pemilih di Kota Malang setelah dilakukan perbaikan mencapai 623.185 orang. Dengan rincian pemilih laki-laki sebanyak 305.364 orang, pemilih perempuan sebanyak 317.821 orang, pemilih milenial dengan rentang usia 20 hingga 30 tahun sebanyak 172.035 orang.

Selanjutnya pemilih rentang usia 31 hingga 40 tahun sebanyak 139.167 orang, pemilih usia 41 sampai 50 tahun sebanyak 123.274 orang, dan pemilih rentang usia 51 tahun sampai 60 tahun berjumlah 98.524 orang. Sedangkan untuk usia lebih dari 60 tahun berjumlah 90.185 orang, dan sebanyak 1.316 jiwa atau 0,227 persen dari total DPT adalah pemilih disabilitas. 

Pewarta : Pipit Anggraeni
Editor :
Publisher :
-->

    Tidak ada artikel terkait

Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->