Hasil Exit Poll di 12 Negara Dikuasai PSI, Warganet Terpecah Dua

Screenshot @negativisme terkait video PSI (Ist)
Screenshot @negativisme terkait video PSI (Ist)

BATUTIMES - Pemilu 2019 di luar negeri telah usai. Walaupun begitu, hasil penghitungan perolehan suara pemilu luar negeri yang dilakukan PPLN dan KPPSLN baru dapat diketahui setelah proses penghitungan suara 17 April 2019 selesai.


Tapi, sejak kemarin data hasil Pemilu 2019 di luar negeri telah beredar luas di media sosial (medsos). Tak terkecuali termasuk partai yang memenangi suara masyarakat di luar negeri. Terbaru adalah hasil Exit Poll di 12 negara bagi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang diketuai oleh Grace Natalie Louisa. Dimana dari hasil Exit Poll, partai baru ini merajai perolehan suara di 23 negara dan masuk menjadi 5 besar parpol yang memenangi kontestasi Pemilu 2019.

Hal ini terlihat dari postingan @negativisme yang menyampaikan, "Wah ternyata hasil exit poll LN sudah ada?  Wuihhh  #01TheChampion," tulisnya sambil mengunggah video berdurasi 0:49 menit yang memperlihatkan hasil exit poll di 12 negara.

Di video tersebut diperlihatkan raihan PSI yang membuat warganet salut. Seperti yang dituliskan EnergyOfIndonesia melalui @kacuping7, :"Mantap Rising Star @psi_id  anak muda masuk parlemen," ujarnya.

Apresiasi tersebut terlihat dengan hasil Exit Poll PSI yang menjadi jawara ke-1 di 6 negara. Yakni, Singapura (29,6%), Australia (39,9%), Inggris (35,9%), Jerman (31,9%), Kanada (50%) dan Italia (34,1%). Sedangkan di negara Iran dan Amerika Serikat (LA dan Newyork), PSI berada di peringkat 2. 

PSI nangkring di posisi ke tiga di Malaysia, Thailand dan Filipina. Sedangkan di Saudi Arab di posisi keempat dengan prosentase suara 12,6. Dari 12 negara tersebut menurut Exit poll, PSI masuk menjadi 5 besar dalam kontestasi pemilu 2019.

@WibaWibawanto pun menyampaikan terkait hasil Exit Poll tersebut, "Apakah ini artinya rakyat sudah jengah dengan partai2 lama yang menyuguhkan begitu2 aja...?" tulisnya.
Senada dengan @budiwxh yang berkomentar atas Raihan PSI menurut Exit Poll, "Luar biasa @psi_id partai baru lahir mendominasi exit poll luar negeri Suara saya tahun ini utk @jokowi & @psi_id@grace_nat," ungkapnya.

Walau raihan PSI di luar negeri terbilang luar biasa, beberapa warganet lainnya tidak begitu saja percaya. Pasalnya, sebelum ada real count yang dilansir KPU, maka berbagai data yang tersebar di media sosial belum bisa jadi pegangan valid.

KPU memberikan pernyataannya terkait hal tersebut. Dimana, menurut keterangan resmi KPU, hasil penghitungan perolehan suara pemilu Luar Negeri yang dilakukan PPLN dan KPPSLN baru dapat diketahui setelah proses penghitungan suara 17 April 2019 selesai. Apabila sekarang ini beredar kabar tentang perolehan suara pemilu LN, dapat dipastikan hasil tersebut bukan hasil resmi (real count) yang dilakukan oleh PPLN dan KPPSLN.

Mengacu hal tersebut warganet lainnya menyampaikan bahwa hasil Exit Poll yang memenangkan PEI di 12 negara  merupakan mimpi @aldykemals, "wkwkwkek...mimpi..." tulisnya yang diikuti komentar @NanaSuryacandra, "Hoax...".


Fuji melalui akun pribadinya @Fuji33354774 juga mengatakan, "Psi jd caleg diluar aja kl gtu," tulisnya.

 

Pewarta : Dede Nana
Editor :
Publisher :
-->

    Tidak ada artikel terkait

Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->