KPU Jatim Mungkinkan Pencoblosan Ulang di Madura

Ketua KPU Jatim Choirul Anam
Ketua KPU Jatim Choirul Anam

BATUTIMES - KPU Jatim merespon soal adanya video viral pencoblosan surat suara yang tidak dilakukan di TPS. Dalam video dengan durasi sekitar 30 detik tersebut terlihat seorang pria mencoblos salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden. Hal itu dilakukan hingga berkali-kali dan tanpa ada yang berani menghentikan.

Dalam video tersebut pembicaraan yang dilakukan menggunakan bahasa Madura. Dan diduga terjadi di daerah Kecamatan Robatal, Kabupaten Sampang.

Ketua KPU Jatim Choirul Anam mengaku sudah tahu dan melihat video singkat tersebut. "Apakah info ini betul atau tidak masih belum tahu. Karena masih berupa broadcast. Laporan sifatnya masih seporadis," ujarnya.

Sebab itu Anam belum bisa memutuskan apakah bakal dilakukan pencoblosan ulang atau Pemungutan Suara Ulang (PSU) atau tidak. "Ini terjadi di TPS mana dan kelurahan mana belum valid," bebernya.

Meski demikian dia mengakui jika daerah Kabupaten Sampang merupakan titik rawan selama ini. "Di sekitaran Banyuates, Kedundung, Bireh Barat, Ketapang yang selama ini sering terjadi hal serupa. Sama. Meskipun dari pemilu ke pemilu berkurang," lanjutnya.

Namun, jika memang benar terjadi kecurangan di sana Anam memastikan bakal ada PSU. "Kita masih menunggu kajian dan hasil investigasi dari kawan Bawaslu. Tapi semoga tidak terjadi PSU," tegas Anam.

Jika sampai terjadi PSU, pihak KPU kata Anam sudah siap. Sudah ada surat suara cadangan yang tersedia. "Cepat tidak sampai seminggu bisa dilaksanakan. Kami sudah punya cadangan khusus untuk PSU. Ada stempelnya," cetus Anam.

Sejauh ini lanjut dia laporan yang masuk masih berbentuk seporadis dan tidak resmi. Termasuk juga belum adanya laporan dari KPU Sampang secara langsung.

"Sementara belum bisa diputuskan apakah harus PSU atau tidak. Karena belum tentu yang dicoblos itu surat suara milik KPU," imbuhnya.

Pewarta : M. Bahrul Marzuki
Editor :
Publisher :
-->

    Tidak ada artikel terkait

Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->