Puluhan Warga Lapas Tulungagung Pilih Tak Memilih

Proses perhitungan suara di Lapas Tulungagung (foto : Joko Pramono/jatimtimes)
Proses perhitungan suara di Lapas Tulungagung (foto : Joko Pramono/jatimtimes)

BATUTIMES - Puluhan warga binaan lapas (lembaga Pemasyarakatan) klas IIb Tulungagung memilih tidak menggunakan hak pilihnya atau golongan putih (golput) dalam pemilu 17 April. Belum diketahui secara pasti penyebab Golput nya puluhan warga binaan ini. 

Padahal, mereka juga memiliki hak pilih sebagaimana warga binaan yang lain. Di lapas ini ada sekitar 625 warga binaan, yang mempunyai hak pilih 490.Dari jumlah itu 60 di antaranya sudah menghirup udara bebas. Jadi hanya 430 warga binaan yang mempunyai hak pilih. 

Namun saat hari pencoblosan tiba, lanjut Erry, setidaknya ada 45 warga binaan yang memilih untuk tidak menyalurkan pilihannya. Padahal, mereka juga berada di dalam lapas. “Sebelum batas waktu pendaftaran ditutup, sejatinya petugas KPPS sudah menanyakannya,” katanya.

Erry melanjutkan, karena mereka tetap tidak datang ke TPS akhirnya pihak KPPS tidak bisa memaksa. Sebab, golput juga merupakan pilihan mereka. “Kita tidak bisa memaksa juga kan,” katanya.

Meski demikian prosentase kehadiran sebesar 89,5 persen pemilih sudah melebihi target sebesar 77,5 persen. “Sudah bagus lah angka segitu,” ungkapnya.

Erry menambahkan, proses pemungutan suara pun berjalan dengan lancar. Menurutnya, sebelum pukul 12.00 WIB, proses pencoblosan telah selesai. Mayoritas, mereka hanya memilih calon presiden dan wakil presiden serta anggota DPD. “Mayoritas warga binaan memang warga Jatim,” jelasnya.

Disinggung hasil pemilihan presiden di lapas klas IIb, Erry masih belum bisa mengatakannya. Sebab, saat ini proses penghitungan masih berlangsung. Namun untuk di TPS 29, paslon nomor urut 1 mendapatkan 106 suara, sedangkan paslon nomor urut 2 85 suara. Untuk suara tidak sah 3 surat suara, jadi total suara di TPS 29 ada 194 suara. “Untuk TPS 30 saat ini masih proses penghitungan,” tukasnya.

Pewarta : Joko Pramono
Editor :
Publisher :
-->

    Tidak ada artikel terkait

Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->