Bosda SD dan SMP di Kota Batu Naik, Gizi Siswa Bakal Meningkat

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Eny Rachyuningsih. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Eny Rachyuningsih. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Bantuan Operasional Daerah (Bosda) di Kota Batu untuk Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) akan dinaikkan. Kenaikan Bosda ini, akan naik Rp 5 ribu per siswanya untuk per bulan.

Kenaikan bosda SD dan SMP itu yakni jika SD yang sebelumnya Rp 25 ribu menjadi Rp 30 ribu per siswa per bulannya. Sedangkan untuk SMP awalnya Rp 35 ribu, sekarang Rp 40 ribu persiswa per bulannya.

Lalu apa yang membuat anggaran Bosda untuk SD dan SMP itu bisa naik? Alasannya karena sebelumnya Pemkot Batu mengalokasikan anggaran untuk SMA/SMK di Kota Batu, sayangnya anggaran itu tidak bisa diberikan karena harus sesuai petunjuk teknis (juknis) dari provinsi.

“Karena memang kan anggaran itu sudah lama dialokasikan kepada SMA/SMK. Karena kepengurusan saat ini sudah di provinsi sehingga bosda dari kota tidak dapat diberikan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Eny Rachyuningsih.

Sehingga tahun 2019 ini agar anggaran yang sudah dialokasikan untuk SMA/SMK bisa berfungsi, anggaran itu dialokasikan untuk Bosda SD dan SMP.

“Agar anggaran itu bisa digunakan sehingga kita alokasikan untuk SD dan SMP. Tentunya agar bisa bermanfaat,” imbuhnya.

Hanya saja saat ini masih proses rekap data dengan menyesuaikan jumlah siswa SD dan SMP di Kota Batu. Ia menambahkan anggaran tersebut akan dialokasikan untuk biaya operasional, seperti untuk kebutuhan minum susu bagi siswa yang dianggarkan Rp 3.200 per siswa per sekali minum. 

Itu dijadwalkan 36 kali minum susu dalam setahun. Sedangkan untuk makan pelajar sebesar Rp 5 ribu per anak setiap bulannya.

“Ini juga diharapkan mampu lebih meningkatkan mutu siswa dan sekolah di Kota Batu,” harap mantan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja itu.

 

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->