Dianggap Mengerikan dan Dapat Menghilangkan Nyawa, 10 Mobil Ini Pernah Dicintai

Ilustrasi (Daftar5)
Ilustrasi (Daftar5)

BATUTIMES - Mobil dalam dunia otomotif memang terus mengalami perkembangan. Bukan hanya dalam segi model dan desainnya  yang sering berubah. Kondisi keamanan dari setiap keluaran masing-masing produsen tentu menjadi perhatian.

Tapi tahukah Anda, ternyata saat ini tercatat sekitar 10 mobil berbahaya dan mematikan dalam sejarah otomotif yang dulu pernah sangat dicintai di eranya. Dilansir dari channel youtube Daftar5, berikut 10 mobil mengerikan dan mematikan yang sempat diproduksi dan banyak dicintai pasar otomotif.

1. Ford Model T
 


Mobil keluaran Ford ini cukup terkenal di Amerika. Penjualannya pun mencapai lebih dari 19 juta mobil Model T selama 19 tahun. Hal itu membuat Amerika bangkit dalam pasar otomotif dunia.

Mobil ini sendiri sudah dikenalkan di Amerika sejak 1908 dan sudah dilengkapi dengan sederet pengaman seperti lampu hingga klakson. Namun, lantaran tak memiliki rem depan, mobil ini masuk dalam golongan mobil paling berbahaya di dunia dan bisa mengancam nyawa.


2. Chevrolet Corvair
 


Mobil yang diproduksi pada sekitar tahun 60-an ini dianggap berbahaya karena tak memiliki sabuk pengaman dan standar keamanan mobil seperti sekarang. Mobil ini juga dinilai berbahaya lantaran Chevrolet Corvair ini memiliki suspensi poros ayun dan layout mesin belakang yang berpotensi mengakibatkan oversteer. Sehingga produksinya pun dihentikan sebelum keluaran teranyarnya pada sekitar 1969.


3. Porsche 911
 


Setelah 51 tahun diproduksi, Porsche 911 menjadi satu-satunya mobil sport paling andal dan terkenal yang pernah diproduksi. Namun ternyata mobil yang amat terkenal ini cukup berbahaya. Sebab, mesin yang ada di belakang sangat jauh dengan rear excel mobil dan berbahaya bagi pengendara. Sedikit salah memperhitungkan, akan membuat oversteer.

 Namun dengan kecanggihan teknologi, bagian depan mobil saat ini sudah memiliki model khusus yang dapat memberi keseimbangan. Sehingga mobil dapat melaju dengan baik dalam kecepatan tinggi.


4. Ford Pinto
 


Mobil ini diproduksi sejak  1970-an hingga 2001. Mobil ini memiliki sistem kerusakan bahan bakar yang sangat berbahaya. Produksinya pun banyak mendapat protes dari publik. Namun produsen tetap memilih untuk membayar tuntutan publik dibanding harus menambahkan biaya produksi mobil.


5. Delorean DMC-12
 

 
Mobil ini menjadi yang sangat ikonik pada tahun 80-an. Namun sistem keamanan masih sangat kurang dan membuat mobil sport cantik itu terlihat seperti kaleng remuk saat diuji dengan kecepatan tinggi. Bahkan pintu mobil model gullwing sama sekali tak membantu karena menyulitkan pengendara keluar saat mobil terguling.


6. Pontiac Fiero
 


Di era 60-an, Pontiac Fiero menjadi penanda kembalinya Fiero pada tren mobil sport. Kemudian pada awal peluncuran di 1984, Fiero mengalami masa kejayaan. Tapi kecacatan desain dan masalah serius berkaitan dengan engineering banyak membuat kebakaran mesin di tahun pertama diluncurkannya keluaran ini.

 Beruntung tak ada korban jiwa dan model mobil diperbarui untuk keluaran tahun 1985. Namun pada 1987 ratusan Fiero musnah terbakar dan membuat reputasinya turun. Produksi pun dihentikan setelah 1988.


7. Yugo GV
 


Saat menembus pasar Amerika di 1985, Yugo GV merupakan mobil dengan produksi yang sangat murah, namun memiliki kualitas yang sangat mengerikan. Keberadaan mobil ini menjadi berita besar di Amerika pada 1989 karena mobil dengan desain sederhana itu terseret angin dan masuk ke dalam perairan danau bersama dengan pengemudinya. Pada 1992, produk ini terpaksa undur diri dari pasar Amerika.


8. Ford Bronco II
 

 
Bronco II menjadi salah satu keluaran Ford yang mengalami kesuksesan di pasar SUV. Namun model yang tinggi dengan kabin yang sempit membuat mobil ini rentan terguling. Dalam penyelidikan resmi yang dilakukan pada 1970, ditemukan sebanyak 90 orang meninggal per tahunnya karena terguling. Ini menjadi angka tertinggi dalam sejarah kecelakaan.


9. Chevrolet Cobalt
 


Meski tercatat mengalami penjualan yang sangat bagus, Chevrolet Cobalt juga masuk dalam sejarah kelam dunia otomotif. Cacat pada kunci mobil dapat mengakibatkan keluaran ini mati secara mendadak saat sedang dikendarai dalam kecepatan tinggi dan menonaktifkan sistem keamanan. Kecelakaam yang mengakibatkan kematian dan luka serius pun sudah tercatat.


10. Ferrari 458
 


Meski memiliki model yang sangat cantik, Ferrari 458 dikenal sebagai keluaran yang mudah terbakar. Pada 2012,1.248 unit lebih Ferrari ditarik. Karena perekat yanh digunakan untuk menahan vendor bagian dalam terlalu mudah terbakar dan ditempatkan sangat dekat dengan knalpot. Meski masalah kebakaran tak menyebabkan kecelakaan fatal dan mampu diatasi dengan baik, kenyataannya Ferrari masih menjadi bahan lelucon dalam dunia otomotif.

 

Pewarta : Pipit Anggraeni
Editor : Yunan Helmy
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->