Sudah 3 Hari, Penghitungan Suara lewat Situng KPU Kota Batu Capai 50 Persen Lebih

Suasana sistem penghitungan suara Pemilu 2019 di kantor KPU Kota Batu. (Foto: istimewa)
Suasana sistem penghitungan suara Pemilu 2019 di kantor KPU Kota Batu. (Foto: istimewa)

BATUTIMES - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu bergerak cepat dengan melakukan proses penghitungan suara melalui aplikasi Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng). Memasuki hari ketiga usai Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 Rabu (17/4/2019,  kini prosesnya sudah mencapai lebih dari 50 persen.

Dalam penghitungan suara itu, langkahnya dengan cara melakukan entry data hasil perolehan suara yang didapatkan dari formulir isian C-1 dari seluruh TPS. Formulir isian C-1 berasal dari 757 TPS yang tersebar di seluruh Kota Batu.

Komisioner KPU Kota Batu Divisi Teknis Erfanudin sebagai penanggung jawab teknis pelaksanaan Situng mengatakan, hingga Sabtu (20/4/2019) prose entry data itu sudah di atas 50 persen. Antara lain PPWP (pemilihan presiden) 64,7 persen, DPR RI 54,8 persen, DPRD Provinsi Jatim 53,3 persen, dan DPRD Kota Batu 56 persen.

Rinciannya, progres hitung suara PWP Kota Batu untuk entry C & C1, isian benar 64,73 persen. Sedangkan isian salah 2,64 persen dan belum terkirim ada 32,63 persen.

Kemudian progres hitung suara anggota DPRD Kota Batu untuk entri C & C1, isian benar 56,01 persen, isian salah 11,49 persen, dan belum terkirim ada 32,50 persen.

Lalu untuk pemilu anggota DPRD Kota Batu entry C & C1, isian benar 54,82 persen, isian salah 12,6 persen, dan belum terkirim ada 32,50 persen.

Dan progres hitung suara anggota DPRD Provinsi Jatim untuk entry C & C1, isian benar 53,37 persen, isian salah 14 persen, dan belum terkirim ada 32,63 persen.

“Di hari ketiga ini proses input Situng yang dilakukan oleh teman-teman operator Situng KPU Kota Batu sudah berhasil mencapai 50 persen,” kata Erfanudin.

Ia menambahkan KPU Kota Batu hanya memiliki waktu 5 hari untuk menyelesaikannya hingga mencapai 100 persen. Karena itu, pihaknya berupaya menyelesaikan entry data dengan maksimal.  “Proses entry data ke dalam Situng harus dilakukan dengan teliti dan hati-hati sehingga data yang masuk tidak keliru yang berdampak pada ketidakvalidan,“ imbuhnya. 

Menurut Erfanudin, adanya aplikasi Situng sebagai langkah KPU memudahkan proses penghitungan suara. Harapannya dapat merekapitulasi seluruh hasil perolehan suara secara valid.

“Hasil Situng nantinya juga dapat digunakan sebagai komparasi sekaligus penguat hasil penghitungan suara secara manual (real count) di tiap tingkatan penyelenggara,” kata Erfanudin.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yunan Helmy
Publisher :
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->