Hasil Sementara, PDIP Raih 7 Kursi DPRD Kota Batu, Gerindra-Golkar-PKS Imbang

Ilustrasi
Ilustrasi

BATUTIMES - Pada  Pemilihan Umum (Pemilu) 2014, ada 9 partai politik (parpol)  yang berhasil menduduki kursi DPRD Kota Batu. Namun,  pada Pemilu  2019 ini, sepertinya akan ada yang tergeser. Keputusan finalnya masih menunggu hasil rekapitulasi di tingkat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu beberapa hari lagi.  

Tetapi, untuk hasil sementara, ada 8 partai politik yang meraih kursi di PDRD Kota Batu dari jumlah 14 partai politik yang menjadi peserta Pemilu  2019 ini. Delapan  partai itu adalah Partai Amanat Nasional (PAN), PDI Perjuangan, Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

Jika tidak ada perubahan, satu partai bakal tergusur dari kursi DPRD Kota Batu. Yakni Partai Hanura. 

Ricnciannya, kursi terbanyak masih duduki oleh PDI Perjuangan dengan 7 kursi. Lalu di urutan berikutnya ada PKB meraih 5 kursi. 

Kemudian ada Partai Golkar, Gerindra, PKS yang masing-masing mendapatkan 4 kursi. Sedangkan Partai Demokrat, PAN, Nasdem meraih 2 kursi.

Pada Pemilu  2019 ini, Kota Batu mendapatkan jatah 30 kursi dibanding sebelumnya yang hanya 25 kursi. Penambahan 5 kursi melihat bertambahnya jumlah penduduk di Kota Batu. 

Sekretaris PDIP Kota Batu Punjul Santoso mengiyakan jika hasil sementara itu partainya mendapatkan 7 kursi. Jumlah itu tentunya bertambah dari 5 tahun sebelumnya  yang hanya 5 kursi.

“Iya untuk sementara kami dapat 7 kursi. Jumlah ini naik dari Pemilu 2014 meskipun target kami dapat 8 kursi,” kata Punjul saat dikonfirmasi, Sabtu (20/4/2019).

Terpisah, Ketua PKB Kota Batu Nurochman juga membenarkan diraihnya 5 kursi untuk partainya itu. “Alhamdulillah, insya Allah benar. Sebelumnya kami dapat 4 kursi. Semoga sampai final KPU, itu tidak berubah. Tapi kalau berubah, bisa dapat kursi lagi,” ungkap dia. 

Sedangkan Ketua Demokrat Kota Batu Henda Angga Sonatha mengaku masih menunggu penghitungan resmi. “Sepertinya begitu, kami mendapatkan 2 kursi. Tapi kami tunggu hasil resminya nanti,” ucap Angga.

Sama halnya dengan Partai Nasdem Kota Batu. Ketua Nasdem Sujono Djonet mengatakan menunggu rekapan. “Keduanya belum final. Kami tunggu rekap Panitia Pemungutan Kecamatan,” ujar Djonet

Pada Pemilu 2014, perolehan kursi terbanyak diduduki PDIP sebanyak 5 kursi. Lalu di bawahnya ada  PKB dan Gerinda yang masing-masing dapat 4 kursi. 

Selanjutnya ada Partai Golkar, PAN, dan Demokrat yang masing-masing memperoleh 3 kursi. Sedangkan PKS, Hanura, Nasdem masing-masing mendapatkan satu kursi.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yunan Helmy
Publisher :
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->