Begini Tips Agar Tidak Stress Hadapi UNBK Ala SMPN 1 Batu

Para pelajar saat berkumpul di Aula SMPN 1 Kota Batu, Selasa (23/4/2019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Para pelajar saat berkumpul di Aula SMPN 1 Kota Batu, Selasa (23/4/2019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Para pelajar di SMPN 1 Kota Batu punya cara tersendiri agar tidak stress mengikuti jalannya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Berbagai cara dilakukan sebelum masuk kelas.

Cara-cara yang dilakukan itu seperti yel-yel yakni ‘Selalu Yes-Yes, Tak Pernah No-No, Selalu Yes Tak Pernah No’. Yang dilakukan dengan kompak dan semangat.

“Yel-yel ini sudah jadi tradisi pelajar di SMPN 1 Kota Batu, supaya mereka semangat saat jam pertama ujiannya,” kata Kepala SMPN 1 Batu, Titil Ismiati.

Yel-yel itu dilakukan sebelum mereka melaksanakan UNBK jam pertama. Mereka dikumpulkan terlebih dahulu di Aula SMPN 1 Batu.

Jumlahnya yang mengikuti UNBK di sana ada 318 pelajar. Sebelum itu mereka juga diberikan nutrisi, seperti roti, susu, dan sebagainya.

“Menunya yang kami berikan itu beda-beda. Kenapa kita beri makan sebelum ujian, karena kebanyakan dari siswa tidak sarapan,” imbuhnya, Selasa (23/4/2019).

Ia menambahkan, adanya yel-yel dan memberikan nutrisi sebelum dimulainya jam pertama saat UNBK itu agar pelajar lebih semangat dan tenang menghadapi ujian. “Ini cara kami supaya mereka lebih fresh saat menjalankan UNBK,” jelas mantan Kepala SMPN 4 Batu ini.

Beberapa cara yang dilakukan oleh pelajar itu juga sebagai upaya agar para pelajar fokus dan bisa mendapatkan nilai yang maksimal. Sebab mereka juga ingin mendapatkan reward dari Pemkot Batu.

Selain dari Pemkot Batu, rencananya pihak sekolah juga akan memberikan reward bagi mereka yang meraih nilai lima besar yang terbaik. 

“Kalau reward kita usahakan dari sekolah disesuakan dengan kondisi keuangan kita. Ya mungkin materi atau yang lainnya supaya mereka semangat,” tutupnya. 

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher :
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->