Disparbud Kabupaten Malang Minta Pengelola Wujudkan Wisata Halal Tahun Ini

Kepala Disbudpar Kabupaten Malang Made Arya Wedhantara saat sambutan dalam Sosialisasi Pariwisata Halal Di El Hotel Grande (Luqmanul Hakim/Malang Times)
Kepala Disbudpar Kabupaten Malang Made Arya Wedhantara saat sambutan dalam Sosialisasi Pariwisata Halal Di El Hotel Grande (Luqmanul Hakim/Malang Times)

BATUTIMES - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang terus berupaya mendorong para pengelola pariwisata dalam rangka mewujudkan keberadaan pariwisata halal. 

Hal tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut dari Pemkab Malang setelah mendapatkan penghargaan sebagai salah satu Destinasi Wisata Halal yang diberikan langsung oleh mMenteri Pariwisata Arief Yahya pada Selasa (9/4/2019) lalu.

Salah satunya dengan melakukan sosialisai terhadap para pengelola pariwisata di Kabupaten Malang terkait kriteria apa saja yang terdapat dalam destinasi wisata halal teraebut. 

Seperti sosialisasi yang dilajukan oleh Disbudpar Kabupaten Malang di El Hotel Grande, Kecamatan Karangploso pada Selasa (23/4/2019).

Kepala Disbudpar Kabupaten Malang Made Arya Wedhantara mengatakan bahwa program pengembangan bersama terhadap pariwisata halah telah disetujui Kementrian Pariwisata.

"Pengembangan bersama terhadap pariwisata halal di Malang Raya telah disetujui oleh Menteri Pariwisata," ujar Made Kepada Malang Times.com.

Untuk mewujudkan hal tersebut, ia menjelaskan bahwa perlu adanya percepatan dengan melakukan sosialisai terhadap para pengelola pariwisata yang ada di Malang Raya, khususnya di Kabupaten Malang.

"Sehingga kami undang para pengelola wisata mulai dari hotel, resto,  cafe dan pengelola usaha wisata lainnya untuk mengikuti sosialisasi ini" lanjutnya.

Dalam sosialisasi tersebut, materi diberikan langsung oleh Tim Percepatan Pariwisata Halal Kemenpar Sumaryadi dan juga Ketua MUI Kabupaten Malang Misni Fadhil Hija.

Kemudian, Made menjelaskan bahwa sosialisasi teraebut bertujuan agar para pengelola pariwisata tersebut akan mengetahui serta memahami kriteria dari destinasi wisata halal.

"Kami berikan penjelasan terkait kriteria wisata halal dalam sosialisasi ini dengan menghadirkan pemateri yang berkompetan dengan bidang tersebut," paparnya.

Ia berharap nantinya di Kabupaten Malang ada satu objek pariwisata yang menjadi destinasi wisata halal. 

Dalam hal ini yang menjadi target untuk menjadi destinasi wisata halal di Kabupaten Malang saat ini disebutkannya WisataPujon Kidul.

"Yang bisa kita sertifikasi sebagai destinasi wisata halal itu harus yang sudah ramai dulu, target wisata yang kunjungannya sudah ramai itu Pujon Kidul," jelasnya.

Lanjutnya, dengan adanya status wisata halal tersebut, ia berharap nantinya bisa lebih menarik jumlah wisatawan untuk berkunjung ke Malang Raya, khususnya Kabupaten Malang.

Pewarta : Luqmanul Hakim
Editor :
Publisher :
-->

    Tidak ada artikel terkait

Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->