Ada Selisih Hasil Perhitungan, 2 TPS di Kota Batu Hitung Ulang

Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso saat sidak di Kecamatan Batu, Selasa (23/4/2019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso saat sidak di Kecamatan Batu, Selasa (23/4/2019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Problem selisih perhitungan suara pemilu tidak hanya terjadi di wilayah Kabupaten Malang tapi, juga di Kota Batu. Bahkan dua tempatpemungutan suara (TPS) di Kota Dingin ini harus melakukan penghitungan ulang perolehan surat suara. Penghitungan ulang surat suara ini dilakukan karena adanya perbedaan hasil perolehan suara. 

Ada dua TPS yang harus melakukan penghitungan ulang. Yakni Seperti di TPS 45 Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji dan TPS 24 Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo.

Penghitungan ulang itu terpaksa dilakukan untuk surat suara DPRD Provinsi Jawa Timur. “Kesalahannya itu hanya di tingkat TPS dalam mencatat angka pada perolehan suara. Cuman DPRD Provinsi Jawa Timur,” kata Ketua Bawaslu Batu, Abdur Rochman kepada batutimes.com.

Ia menjelaskan hal ini lantaran dalam form plano KPPS tidak memasukkan rincian suara masing-masing calon legislatif. Kondisi itu berimbas pada proses rekapitulasi penghitungan suara di PPK Kecamatan Bumiaji pun menjadi molor kurang lebih selama 2 jam lebih. “Molornya selama 2 jam karena harus mengulangi penghitungan satu kotak suara di TPS 45 Giripurno tersebut,” imbuhnya. 

Setelah dilakukan penghitungan yang memakan waktu selama 2 jam, akhirnya didapatkan kesesuaian perolehan suara dan penghitungan suara bisa dilanjutkan ke TPS yang lainnya.

Menurut Rochman penghitungan ulang terpaksa dilakukan karena ketidaktahuan KPPS dalam proses pengisian form, hingga berkas menjadi tidak lengkap Bahkan ada juga form yang lengkap. “PPK nyaris membuka kotak suara. Untunya Bawaslu punya dokumen foto C1 Plano hingga tidak perlu membuka lagi kotak suara,” ungkap Rochman.

Dia menduga terjadinya kesalahan itu juga dipicu stamina para panitia yang mulai berkurang. Sehingga kurang teliti dan terjadi kesalahan. 

Pewarta : Irsya Richa
Editor :
Publisher :
-->

    Tidak ada artikel terkait

Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->