Juknis PPDB 2019 di Malang Belum Keluar, Jadwal Belum Dapat Dipastikan

Kewajiban Pemda terkait PPDB. (Sumber: Kemendikbud RI)
Kewajiban Pemda terkait PPDB. (Sumber: Kemendikbud RI)

BATUTIMES -

Jadwal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) masih belum bisa dipastikan. Pasalnya, Juknis PPDB 2019 belum dikeluarkan oleh Pemda. Hal ini dinyatakan oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Malang dan Batu Dra Ema Sumiarti MSi. "Juknis belum keluar. Kalau juknis sudah keluar kita mengundang teman-teman media untuk sosialisasi," ujarnya kepada MalangTIMES.com saat dihubungi melalui pesan WhatsApp, Jumat (26/4).

Beberapa waktu yang lalu, Ema memang menegaskan bahwa Juknis belum bisa keluar lantaran Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Malang dan Batu menjaga kesehatan psikologis siswa yang sedang fokus ujian nasional. "Biar orang tua dan siswa ujian dulu. Kasihan. Kita jaga psikologisnya," ujarnya saat ditemui di SMK PGRI 3 Malang beberapa waktu yang lalu.

Penetapan zonasi sendiri dilakukan pada setiap jenjang oleh pemerintah daerah sesuai dengan kewenangannya. Dengan prinsip utama untuk mendekatkan domisili peserta didik dengan sekolah.

Penetapan zonasi oleh pemerintah daerah pada setiap jenjang wajib memperhatikan jumlah ketersediaan daya tampung yang disesuaikan dengan ketersediaan jumlah anak usia sekolah pada setiap jenjang di daerah tersebut.

Untuk diketahui, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mengeluarkan peraturan mengenai penerimaan peserta didik baru (PPDB) melalui Permendikbud No 51 Tahun 2018 Pasal 18 hingga Pasal 20 yang menjelaskan sistem zonasi.

Sistem zonasi ini bertujuan agar sekolah dapat menerima para calon siswa yang berdomisili pada zonasi sekolahnya berdasarkan domisili yang tertera pada data KK (kartu keluarga).

Pewarta : Imarotul Izzah
Editor :
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->