Delapan Pendaki Terjebak di Tanjakan PHP Gunung Butak

Ilustrasi pendakian. (Foto: istimewa)
Ilustrasi pendakian. (Foto: istimewa)

BATUTIMES - Delapan orang pendaki  terjebak di Gunung Butak. Tepatnya di rute tanjakan PHP. Mereka terjebak karena tidak berani  turun akibat kondisi jalan licin tanpa pegangan. 

“Kami mendapatkan informasi berdasarkan laporan yang diterima Pusdalops PB Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu dari warga melalui whatsapp,” kata Koordinator BPBD Kota Batu Suhartono, Senin (29/4/2019).

Survivor itu terdiri dari beberapa rombongan yang terpencar. Kemudian mereka terjebak karena kondisi jalan licin tanpa pegangan. 

“Saat ini Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana sedang sudah berada di pos Panderman untuk selanjutnya berkoordinasi dan menyiapkan tim untuk evakuasi survivor,” imbuh Suhartono. 

Selain itu, dalam laporan Senin dini hari, pendaki mengalami kesulitan di tanjakan PHP. Terlebih saat itu kondisi turun hujan. Mereka kehujanan dan tidak bisa mendirikan tenda. 

Ia menambahkan, pelapor adalah M. Shofahimi, asal Desa Sidorejo, Kecamatan Puncu, Kediri. Shofahimi turun untuk melaporkan kondisi teman-temannya di tanjakan PHP.

Sementara, Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim menambahkan, jumlah rombongan itu ada 8 orang. Rinciannya, 3 perempuan dan 5 laki-laki. Mereka naik pada Sabtu (27/4/2019) pukul 20.00. Kemudian saat di pos 2, mereka bergabung dengan beberapa kelompok pendaki lain.

“Dan mereka turun bersama-sama. Saat di jalur PHP, tidak ada yg berani turun karena medannya licin dan tidak ada pegangan,” ungkap Rochim.

Saat di lokasi tersebut, karena kondisi itu, mereka berniat mendirikan tenda. Tapi karena kondisi medan curam, mereka tidak dapat mendirikan tenda. Terlebih mereka juga kehujanan meskipun sudah menggunakan mantel. 

Menurut  Rochim, informasi awal ada 3 orang mengalami hipotermia (kedinginan) dan 1 orang mengalami sesak napas.

 

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yunan Helmy
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->