Momen Hari Pendidikan Nasional, Berikut Pesan Penting Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko (pakai kerudung) menyerahkan cindera mata kepada Ketua DPRD Cahyo Edi Purnomo.
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko (pakai kerudung) menyerahkan cindera mata kepada Ketua DPRD Cahyo Edi Purnomo.

BATUTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Batu menggelar Upacara Hari Pendidikan Nasional pada (02/05/2019) dan berlangsung meriah. 

Dengan mengusung tema "Menguatkan Pendidikan & Memajukan Kebudayaan di Hari Pendidikan Nasional tahun 2019", kegiatan ini diadakan di Stadion Gelora Brantas di Jalan Sultan Agung komplek kantor KONI dan GOR Gajah Mada. 

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko yang juga jadi inspektur upacara (irup) menyampaikan amanah yang disampaikan Menteri Pendidikan RI bahwa program pemerintah pusat telah bergeser. 

Dari pembangunan fisik, infrastruktur hingga pembangunan sumber daya manusia (SDM) seutuhnya. 

Sebab, hal itu sangat penting guna membangun pondasi dan karakter bangsa di era serba digital. 

Dan tingginya arus perubahan generasi serba cepat dan tidak bisa diprediksi secara langsung.

Untuk itu, konsentrasi segenap potensi pendidikan perlu dikerahkan sekuat tenaga. 

Guna memacu pendidikan yang bagus, dan siap menghadapi perubahan zaman. 

Selain itu, istri mantan Wali Kota Eddy Rumpoko ini menekankan, akan pentingnya pendidikan karakter, berakhlak dan peningkatan mutu pendidikan yang apik pada tahun akan datang.

"Pendidikan nasional ini menitikberatkan pada pembangunan manusia yang dilandasi dengan karakter kuat, disiplin, keterampilan dan kecakapan tinggi. Tujuannya agar bisa menjawab perubahan dan tantangan zaman yang semakin kompetitif," tegas Dewanti Rumpoko di hadapan semua jajaran Forkompinda. 

Wali kota perempuan pertama di Kota Apel menambahkan, terkait dengan tema menguatkan Pendidikan dan memajukan kebudayaan ini punya pesan tersirat akan ucapan Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat dengan nilai lokal dan kebudayaan. 

"Maka, tanamkan pula budaya lokal dan beri generasi asupan materi pendidikan yang sesuai dengan zaman. Namun, tidak mencabut akar kebudayaan yang ada di bumi Indonesia, terutama pendidikan di kota dingin ini," pungkas Dewanti kepada BatuTIMES.com. 

Lalu, setelah upacara usai, Dewanti menghadiri kegiatan Gebyar Literasi dan Inovasi. 

Program tersebut sebagai bentuk kemitraan antara pemerintah Australia dengan Indonesia di bidang peningkatan mutu pendidikan di jenjang pendidikan dasar yang dihadiri Manajer Komunikasi Inovasi Stephanie Carter. 

Turut hadir  dalam upacara ini Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso, Kabag Humas Pemkot Batu Suliyanah S. Sos , Kepala Dinas Pendidikan Eny Rachyuningsih, Ketua TP PKK Wibi Asri Punjul Santoso, dan Ketua DPRD Cahyo Edi Purnomo.

Kemudian, Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto SIK, MSi, dan perwakilan Kejaksaan Negeri Kota Batu, kepala SKPD serta pelajar se-Kota Batu.

Pewarta : Muklas
Editor : Heryanto
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->