Ternyata ada 3 Daerah di Indonesia Penghasil Mata Biru

Warga Kota Batu yang memiliki mata berwarna biru. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Warga Kota Batu yang memiliki mata berwarna biru. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Penduduk Indonesia mayoritas memiliki bola mata berwarna hitam dan tak jarang juga yang cokelat. Karena itu, banyak orang Indonesia yang akhirnya memilih untuk memakai lensa kontak dengan berbagai warna untuk mempercantik penampilan.

Jika terdapat masyarakat memiliki bola mata selain warna tersebut dikira mereka merupakan warga negara luar Indonesia. Namun, sebenarnya ada  penduduk Indonesia asli yang memiliki bola mata berwarna biru layaknya ras kauskasia.

Dan ternyata enggak cuma satu daerah, namun ada tiga daerah di Indonesia yang penduduknya bermata biru. Antara lain:

1. Lamno, Aceh

Di Aceh Jaya, ada sebuah desa yang memiliki penduduk dengan mata yang berwarna biru. Desa itu bernama Lamno. Penduduk Desa Lamno memiliki ciri fisik yang mirip denganSeorang Eropa. Mereka adalah keturunan bangsa Portugis yang melakukan kawin silang dengan warga setempat.

Namun, karena bencana Tsunami 2004 melanda Aceh yang merenggut ratusan ribu nyawa, alhasil membuat warga keturunan Portugis nyaris menjadi punah.

2. Pulau Simpou

Keberadaan penduduk mata biru ini pertama kali ditemukan oleh peneliti La Ode Yusrie di Pulau Simpou, Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara.

Rupanya, dahulu pulau Simpou merupakan salah satu tempat singgah pelaut Portugis. Saat ini, diketahui hanya tersisa 10 orang yang memiliki mata biru di sana.

3. Lingon

Suku Lingon ini berada di pedalaman Halmahera, Maluku. Banyak yang mengatakan bahwa masih ada warga dari suku ini yang bermata biru dan berkulit putih layaknya bangsa Eropa.

Namun, keberadaan mereka masih menjadi misteri karena suku Lingon tinggal di pedalaman Halmahera.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->