Kendalikan Harga Pangan di Bulan Ramadan, Pemkot Blitar Gelar Pasar Murah

Ilustrasi.(Foto : Goggle Images)
Ilustrasi.(Foto : Goggle Images)

BATUTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar dalam waktu dekat bakal menggelar pasar murah di bulan Ramadan. Program pasar murah itu digelar merespons meroketnya harga pangan.

Sekretaris Daerah Pemkot Blitar Rudy Widjonarko mengatakan, program pasar murah itu akan digelar dengan konsep bazar. Rencananya, Pemkot Blitar akan mengadakan pasar murah di Jalan Kenanga, Kota Blitar.

"Untuk pemantauan harga, nanti kami lakukan pada hari Senin (20/05/2019). Pak Plt Wali Kota sendiri yang akan turun langsung di lapangan, ke pasar, terkait dengan harga-harga. Kemudian penekanan harga nanti mulai tanggal 20 sampai tanggal 25 itu ada pasar murah," terangnya kepada awak media di Kantor Wali Kota Blitar, Jumat (17/05/2019).

Menurut Rudy, selain digelar pasar murah, Pemkot Blitar untuk menekan harga kebutuhan pokok, juga akan melaksanakan operasi pasar. Dia menguraikan, operasi pasar digelar untuk memastikan stabilisasi permintaan dan ketersediaan kebutuhan pokok bisa berjalan seimbang.

"Tentunya juga operasi pasar. Operasi pasar ini bagi produsen nakal yang cenderung untuk menaik-naikkan harga ya. Kemudian yang paling bahaya itu penjualan pangan yang kadaluarsa dan itu menjadi titik perhatian kami," tandasnya.

Soal potensi kasus penimbunan barang-barang pokok, lanjut Rudy, itu juga akan ditindak jika aparat (satgas pangan) maupun pemerintah daerah menemukan pelaku yang kedapatan menimbun barang kebutuhan pokok. Hal ini menjadi atensinya, mengingat persoalan penimbunan barang menjadi akar persoalan lonjakan harga kebutuhan pokok yang menyulitkan akses masyarakat.

"Artinya mulai saat ini sudah kami pantau ya. Tapi sampai saat ini belum ada penimbunan barang-barang pokok. Karena itu, pasti merusak harga kebutuhan pokok. Di saat tertentu harga naik, karena memang inginnya keuntungan yang banyak. Tentunya itu akan kami cegah dengan operasi pasar dan pasar murah," pungkasnya.

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor :
Publisher :
-->

    Tidak ada artikel terkait

Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->