Ada Salah Ketik di PP, 24 Mei THR ASN Pemkot Batu Cair

ASN Kota Batu saat bersama Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
ASN Kota Batu saat bersama Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Aparatur sipil negara (ASN) sempat deg-degan karena tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13  terancam molor. Sebab, di surat edaran dari pusat, tertulis pencairan THR dan gaji ke-13 diputuskan berdasarkan peraturan daerah (perda). 

Padahal, pembuatan perda bakal berlangsung lama. Bahkan mesti melalui pembahasan di DPRD. Lamanya pembuatan perda itu yang menimbulkan kekhawatiran THR dan gaji ke-13 bakal molor jauh.

Namun, untungnya hal tu salah. Maksudnya, ada kesalahan penulisan dalam surat  edaran dari pusat tersebut. 

"Seperti dugaan saya, ada salah penulisan terhadap pasal tersebut. Dan benar seperti sebelumnya jika pencairan THR cukup melalui perwali (peraturan wali kota)," ungkap Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Batu Eddy Murtono.

Ia menjelaskan, sebelumnya diumumkan Peraturan Pemerintah tentang THR ASN Tahun 2019 Pasal 35 dan 36 Pasal 10 Ayat 2. Aturan itu menyatakan teknis pemberian THR yang bersumber dari APBD diatur dengan peraturan daerah. 

“Ternyata seperti pada tahun sebelumnya, pemberian THR hanya cukup dengan peraturan wali kota. Sehingga tidak peru khawatir lagi,” ucap Eddy.

Dengan demikian, H-12 Idul Fitri tahun  ini, para ASN kan mendapatkan THR pada 24 Mei mendatang senilai satu kali gaji. Sedangkan gaji ke-13 rencananya  diberikan  Juni. "Dengan adanya revisi PP, ASN tidak perlu khawatir pencairan THR dan gaji ke-13 molor," jelas mantan  kepala Inspektorat iPemkot Batu ni. 

Pemkot Batu telah menganggarkan  Rp 14 miliar untuk THR yang diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). 

Beda dengan nasib ASN,  honorer tampaknya harus gigit jari. Itu karena belum adanya aturan atau PP yang dikeluarkan oleh Kemendagri dan Kemenkeu bahwa honorer mendapatkan THR dan gaji ke-13. 

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yunan Helmy
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->