Donor Darah Dapat Beras di Bulan Ramadan, Sehari PMI Kota Batu Dapat 50 Kantong Darah

(Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
(Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Kegiatan rutin untuk mendonorkan darah tetap dilaksanakan oleh masyarakat di tengah-tengah jalannya bulan suci Ramadan. Dalam satu kali dibukanya donor darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batu bisa mendapatkan 50 kantong darah.

Dengan didapatkannya 50 kantong darah dalam sehari itu dirasa persediaan selama bulan Ramadan ini aman. Sekretaris PMI Kota Batu, Abdul Muntholib mengatakan, selama bulan Ramadan antusias masyarakat dalam kegiatan donor darah sangat tinggi.

“Kita sampai dapat 50 kantong itu sudah cukup bagus saat Ramadan. Malah awal Ramadan kemarin bisa dikatakan antusianya tinggi,” kata Muntholib.

Ia memastikan jika stok darah selama bulan Ramadan ini masih aman. Meskipun ada penurunan sedikit pedonor.

“Tapi masih tidak sampai mempengaruhi stok darah secara drastis. Kalau tidak bulan puasa pendonor bisa mencapai 100 pendonor lebih,” imbuhnya.

PMI Kota Batu membuka donor darah setiap malam hari. Berbeda dengan donor hari biasanya, saat Ramadan ini pendonor bisa mendapatkan beras 5 kilogram disertai snack dan vitamin.

“Kalau hari biasanya kami hanya memberikan vitamin dan snack. Bedanya Ramadan kami berikan beras,” jelas pria yang juga Ketua Markas PMI Kota Batu ini.

Sedang jika ingin mendonorkan darah, berikut jadwal kegiatan di Kota Batu selama bulan Ramadan. Antara lain pada 10 Mei di Markas PMI Kota Batu Jalan Kartini Kelurahan Sisir, 12 Mei di Gereja Simon Stock di Jalan Panglima Sudirman, Kelurahan Ngaglik.

Lalu 23 Mei di Markas PMI Kota Batu. 24 Mei di Masjid Al Falah, 27 Mei di Desa Sumberejo, dan 28 Mei di Kantor GP Ansor Kota Batu.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher :
-->