Targetkan 1 Hektar 1 Tahun, Revitalisasi Lahan Apel di Kota Batu Segera Dikebut

Lahan apel di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Lahan apel di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Revitalisasi apel merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kembali produktivitas apel di Kota Batu. Karena bukan hal yang mudah, dalam satu tahun Pemkot Batu menargetkan lahan 1 hektar untuk direvitalisasi di Kota Batu.

Untuk saat ini memang produksi lahan apel itu hanya ada di Desa Tulungrejo, Desa Sumbergondo, dan Desa Bumiaji. Dimana ke tiga desa itu lahan apelnya terus mengalami penyusutan.

Bahkan karena tidak ingin merugi terus menerus mereka pun terpaksa untuk berpindah menanam tanaman lainnya yang lebih menjanjikan.

Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian Kota Batu, Yayat Supriatna mengatakan, setidaknya untuk revitalisasi lahan pertanian apel memang tak bisa secara menyeluruh. Sehingga ditargetkan setiap tahun ada 1 hektar lahan apel yang direvitalisasi.

“Karena menang merevitalisasi itu bukan pekara yang mudah. Harus memulai semuanya dari nol, mulai dari tanahnya,” kata Yayat.

Ia menambahkan salah satu tujuan revitalisasi lahan tersebut adalah untuk mengembangkan program pertanian organik di Kota Batu khususnya pohon apel. Untuk itu, setiap tahun ada anggaran peremajaan tanaman agar mendorong petani apel menggunakan pupuk organik.

Diketahui, petani masih banyak yang menggunakan pupuk kimia berlebihan. Akibatnya, tanah menjadi jenuh dan tidak subur hingga membuat hasil panen apel menurun.

Jika hal tersebut terus berlangsung pohon apel yang produktif bakal mencapai titik terendah akibat kesuburan tanah terganggu. 

“Hingga saat ini Kota Batu memiliki total luas lahan pertanian apel sekitar 1800-2000 hektar. Dengan setiap hektar lahan memiliki 1200 pohon. Setiap pohon membutuhkan 60 Kg per tahun,” imbuhnya.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->