Ingin Lestarikan Budaya Lokal, Festival Seni Religi Diapresiasi Wali Kota Batu

Dua dari kiri Wali Kota Batu saat ke bukan Festival Religi dengan pemukulan rebana di halaman Balai Kota Among Tani, Kamis (23/5/2019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Dua dari kiri Wali Kota Batu saat ke bukan Festival Religi dengan pemukulan rebana di halaman Balai Kota Among Tani, Kamis (23/5/2019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Lewat Festival Religi 2019, Pemkot Batu melalui Dinas Pariwisata ingin memberikan wadah kepada masyarakat Kota Batu. 

Lewat event ini masyarakat bisa unjuk gigi kesenian religi di Kota Batu.

Festival Religi ini berlangsung pada 23-24 Mei 2019 mendatang, dan dibuka pada Kamis (23/5/2019) dengan penampilkan hadrah AL Falah Putri. Lalu ada tari islami Rodat Siiron.

Dilanjutkan dengan ceramah agama oleh Ustaz Kholili. 

Kemudian ada juga penampilan Seni Karawitan Indonesia, tari hadrah, dan band lokal Isakuichi.

Festival ini dibuka langsung Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko ditandai pemukulan rebana diikuti oleh tabuhan jidor dan terbang dari Group seni terbang jidor. 

Festival ini mendapatkan apresiasi dari Dewanti Rumpoko lantaran mampu melestarikan budaya lokal.

"Saya mengapresiasi event seperti ini di mana salah satu daya tarik Pariwisata itu melestarikan budaya lokal yang mempengaruhi kehidupan bangsa dan negara Indonesia," kata Dewanti. 

Ia menambahkan dengan digelarnya festival ini saat bulan Ramadan ini bisa mempertebal keimanan, di samping melestarikan budaya. 

"Ke depan festival ini digelar bukan hanya untuk Kota Batu saja, tapi bisa merambah ke Manga Raya dan Jawa Timur," imbuhnya. 

Sementara itu Pelaksana Tugas (plt) Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Imam Suryono menambahkan festival ini digelar untuk memberikan kesempatan dalam mengembangkan bakat kesenian religi warga Batu. 

"Di Kota Batu ini ada 350 kelompok seni dengan 22 macam jenis kesenian. Meskipun kota Batu kecil, tapi potensi yang masuk dan bagus itu banyak termasuk religi," ungkap Imam.

Imam berharap kesenian religi ini bisa berkembang, apalagi Kota Batu Batu  telah mendapatkan penghargaan sebagai wisata halal. 

Sedang Festival Religi ini merupakan agenda setiap tahun yang akan terus dilestarikan.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Heryanto
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->