Sejumlah Ruas Jalan Kota Batu Dikebut Pengerjaannya

Jalan yang dalam proses pelebaran di simpang empat Jalan Dewi Sartika, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Jalan yang dalam proses pelebaran di simpang empat Jalan Dewi Sartika, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Dengan dibukanya tol Malang-Pandaan (Mapan) oleh Presiden Jokowi beberapa hari lalu, Pemkota Batu memprediksi akan terjadi lonjakan arus wisatawan yang datang ke Kota Batu. Hal itu akan berpengaruh pada kemacetan, terutama titik kemacetan yang cukup tinggi terjadi di simpang empat Jalan Dewi Sartika, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu. 

Karena itu, mendekati libur Lebaran, Pemkot Batu terus mengejar perbaikan jalan agar mulus. “Hampir di setiap musim libur atau weekend, beberapa ruas jalan di Kota Batu dipadati kendaraan bermotor sehingga kemacetan tidak terelakkan,” kata Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Batu Alfi Nurhidayat. 

Ia menjelaskan, dalam meminimalisasi kondisi tersebut, pihaknya bersama beberapa elemen masyarakat melebarkan sejumlah jalan yang sering dilalui banyak kendaraan. Salah satunya di simpang empat Jalan Dewi Sartika.

Pelebaran jalan ini merupakan hasil kesepakatan dari Forum Lalu Lintas Kota Batu satu tahun yang lalu. Sejumlah unsur tergabung dalam Forum Lalu Lintas Kota Batu. Di antaranya Dinas Perhubungan, Dinas PUPR, dan kepolisian, paguyuban pengemudi angkutan, dan masyarakat penguna jalan.

Selama ini, di simpang empat Jalan Dewi Sartika, sering terjadi penumpukan kendaraan pada saat musim libur atau long weekend meski diberlakukan sistem one way.

Fungsi pelebaran ini untuk menambah kapasitas jalan agar dapat menampung lebih banyak kendaraan yang masuk ke Kota Batu. Pelebaran juga mengurangi titik kemacetan dan angka kecelakaan.

“Kemacetan adalah keniscayaan. Tapi respons pemerintah dan kita semua untuk mengatasi kemacetan ini yang terpenting.bSelain Jalan Dewi Sartika, pelebaran juga dilakukan di beberapa jalan alternatif yang menuju dan keluar Kota Batu,” imbuhnya. 

Jalan yang dilebarkan bertahap, sesuai dengan rencana rencana dan anggaran. Rata-rata luas pelebaran jalan antara 2-5 meter di sejumlah titik. Ditargetkan sebelum liburan Lebaran,  pelebaran jalan Dewi Sartika bisa selesai dan dapat dilalui oleh  masyarakat pengguna jalan nantinya.

“Kami  fokuskan perbaikan jalan ini. Kami  terus lakukan hingga libur Lebaran nanti. Kami pastikan infrastruktur jalan yang ada di Kota Batu, khususnya di ruas-ruas jalan protokol, dalam kondisi mulus untuk menyambut arus mudik dan arus wisatawan,” tambah Alfi.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yunan Helmy
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->