Lucunya Pembangkit Listrik Tenaga Surya di China, Bentuknya Panda

PLTS berbentuk panda di China. (Foto: via www.dw.com)
PLTS berbentuk panda di China. (Foto: via www.dw.com)

BATUTIMES - Lucu dan menarik. Begitulah PLTS (pembangkit listrik tenaga surya) yang terlihat di negara China ini. Ya, Terkenal dengan beragam inovasi kreatifnya, negara ini membuat infrastrukturnya terlihat berbeda dengan lainnya. 

Baru-baru ini, China getol membangun pembangkit listrik tenaga surya. Uniknya PLTS ini berbentuk panda yang ramah lingkungan. Sayangnya pola panda ini hanya bisa dilihat dari potret udara.

Ya, pembangunan PLTS unik ini berada di Datong, Shanxi. Panel tenaga surya dibuat berwarna hitam dan putih tersebut di desain mirip panda. Fasilitas PLTS ini dibangun oleh operator energi di negara tersebut, China Merchants New Energy Group (CMNEG), didukung pula oleh United Nation Development Programme (UNDP).

PLTS ini sebagai wujud pemerintah China yang ingin mengalihkan energi batubara ke energi tabarukan yang ramah lingkungan. Pemilihan desain pun bukanlah tanpa sebab. Pasalnya, program ini diharapkan mampu menyasar anak muda untuk memanfaatkan sumber-sumber energi terbarukan. Sehingga bukan sekadar menyediakan listrik ramah lingkungan, namun proyek ini juga dijadikan sebagai salah satu cara untuk berkampanye. Tujuannya meningkatkan kesadaran akan pentingmya penggunaan energi bersih di kalangan pemuda sebagai penerus masa depan.

Di tahap pertama, PLTS mampu menghasilkan daya hingga 50 MW dan telah menyalurkan energi listrik ke wilayah China barat laut. Nantinya pembangkit listrik ini dapaf menghasilkan daya hingga 100 MW.

Dengan daya sebesar itu, maka PLTS tersebut dapat menyediakan listrik ramah lingkungan hingga 3,2 miliar kilowatt per jam melalui energi surya dalam 25 tahun.

Pewarta : Arifina Cahyati Firdausi
Editor : Yunan Helmy
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->