Di Jepang Ditakuti, di Indonesia Jadi Bahan Olok-Olok

Okiku yang mampu menumbuhkan rambutnya sendiri. (Ist)
Okiku yang mampu menumbuhkan rambutnya sendiri. (Ist)

BATUTIMES - Di masyarakat Jepang, sosok ini menjadi salah satu yang sangat menyeramkan. Walau hanya memiliki tinggi 40 sentimeter serta berparas putih dan bermata hitam pekat, sosok itu membuat masyarakat di Jepang bergidik ketakutan.

Sosok tersebut bahkan diyakini ditumpangi roh lain sehingga membuatnya semakin menakutkan. Sosok ini disebut Okiku, sebuah boneka perempuan cantik berkimono yang dibeli Eikichi Suzuki pada tahun 1918 di Sapporo.

Boneka ini mampu menumbuhkan rambutnya secara terus-menerus layaknya manusia. Walaupun rambut Okiku secara berkala dipotong, kemudian kembali tumbuh. Bahkan sempat rambut Okiku mencapai lutut.

Bukan sekadar mistik. Peneliti Jepang pun pernah mengungkapkan hasil uji forensiknya. Yakni rambut yang tumbuh pada boneka sama persis dengan rambut pada anak berusia 10 tahun. Ini menjadi tersambung dengan berbagai cerita yang masih berkembang terkait Okiku. 

Dilansir dari Mysterious Universe, seorang pemuda bernama Eikichi Suzuki membeli boneka ini pada tahun 1918 di Sapporo. Dia melihat sebuah boneka cantik Jepang mengenakan kimono yang ia yakini akan disukai oleh adiknya.

Boneka itu lalu diberikan kepada sang adik yang saat itu berumur dua tahun, bernama Okiku. Dia sangat menyukai boneka ini dan bermain dengannya setiap hari. Namun sayang, Okiku meninggal dunia setahun kemudian karena demam. 

Saat pemakamannya, keluarga ingin memasukkan boneka ke dalam peti matinya. Namun entah mengapa, mereka lupa. Keluarga gadis kecil itu kemudian menempatkan boneka itu di altar rumah dan berdoa setiap hari untuk memperingati Okiku.

Beberapa waktu kemudian, anggota keluarga mulai menyadari ada hal yang tidak normal dengan boneka Okiku tersebut. Mereka melihat rambut boneka itu mulai tumbuh. Awalnya, rambut boneka ini hanya sebahu. Namun pada suatu saat, rambutnya mencapai lutut boneka. Rasa penasaran pun muncul, hingga akhirnya mereka mempercayai bahwa roh Okiku berlindung di dalam boneka itu.

Cerita urban legend Okiku itu ternyata bagi warganet Indonesia bukanlah hal paling mengerikan. Bahkan, bagi mereka, Okiku menjadi bahan guyon yang cukup ramai dan menggelitik perut para pembacanya untuk tertawa.

Dari komentar beberapa warganet, misalnya ferry_amh menuliskan, andai saja boneka Okiku ada di Indonesia, bisa dipastikan di sisinya akan ada sebuah alat lain, yaitu berupa kotak sumbangan. "Coba pindahin ke negara +62biwa jadi tontonan terus ada ember bekas cat dengan tulisan "sumbangan seikhlasnya," tulis Ferry.

Vanernad juga mengomentari keberadaan Okiku yang bisa menumbuhkan rambutnya sendiri. "Coba di ruqyah pasti rambutnya tidak tumbuh lagi," ujarnya.

 Bahkan linaa_30 menyampaikan komentar gokil. "Pakai shampoo apa itu?"ucapnya, tertawa.

Berbagai komentar lucu terkait Okiku khas warganet Indonesia betebaran. Bagi warganet Indonesia, hantu boneka dengan wajah cantik tidak bisa mengalahkan keseraman jenglot. 

Boneka Okiku kini berada di Kuil Mannenji di Hokkaido setelah keluarga Suzuki tahun 1938 pindah rumah dan menitipkannya pada pendeta kuil. Okiku pun dimasukkan dalam lemari kayu sederhana.
 

 

Pewarta : Dede Nana
Editor : Yunan Helmy
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->