Ikan Kedaluwarsa Dijual Murah di Salah Satu Supermarket Kota Batu

Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso saat menunjukkan ikan kadaluarsa di salah satu supermarket di Kota Batu, Selasa (28/5/2019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso saat menunjukkan ikan kadaluarsa di salah satu supermarket di Kota Batu, Selasa (28/5/2019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Satuan tugas (satgas) yang terdiri dari Polres Batu dan Pemkot Batu mendapatkan makanan kedaluwarsa di salah satu supermarket terbesar di Kota Batu, Selasa (28/5/2019). Makanan kedaluwarsa itu adalah ikan dan sosis.

Inspeksi mendadak itu dipimpin langsung oleh Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso. Kasat Reskrim Polres Batu AKP Anton Widodo ikut mendampingi Punjul. 

Saat awal masuk dalam supermarket tersebut, satgas memeriksa parsel Lebaran. Namun tidak didapati barang yang kedaluwarsa.

Lalu beranjak satgas memeriksa satu per satu tanggal kedaluwarsa di makanan frozen. Pertama, ditemukan sosis yang sudah kedaluwarsa. Juga didapati kepala ilan dan daging ikan yang sudah terpotong kedaluwarsa. Namun ikan yang sudah kedaluwarsa itu dijual dengan harga Rp 7 ribu. 

Selain itu, ditemukan ayam fillet yang kedaluwarsanya Selasa hari  ini. Sehingga tim satgas pun langsung meminta kepada petugas untuk menarik barang tersebut.
 


Punjul Santoso  meminta agar pengelola supermarket itu senantiasa mengontrol barang-barang yang dijual kepada konsumen agar tidak membahayakan kesehatan konsumen. “Setelah mendapati barang-barang yang kedaluwarsa itu, kami tarik. Dan kami meminta  jangan karena sibuk dan ramai, lupa mengecek,” tandas Punjul. 

Menurut dia, barang yang kedaluwarsa bisa dilihat dari tekstur. Seperti ikan tersebut yang terlihat tidak segar atau warna lebih tua dibandingkan daging yang masih segar.

Punjul meminta pengecekan barang kedaluwarsa harus sering dilakukan terlebih pada makanan. Sebab, sebagai kota wisata, hal ini menjadi perhatian dari masyarakat luas. 

“Jangan sampai hal ini mengganggu karena banyak wisatawan yang ke Kota Batu mampir ke supermarket. Sehingga harus diperhatikan dan diteliti,” imbuhnya. 

 Kasat Reskrim Polres Batu AKP Antom Widodo menambahkan, sesuai dengan undang-undang, pelaku usaha yang sengaja menjual makanan kedaluwarsa akan dijatuhi hukuman selama dua tahun.

“Ada beberapa barang hari ini yang kami temukan kedaluwarsa. Tapi untuk saat ini kami masih memberikan peringatan untuk ditarik dan tidak dijual,” ujar Anton. 

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yunan Helmy
Publisher :
Sumber : Blitar TIMES
-->