Mulai 1 Juni Mobil Dinas Pemkot Batu Harus Ngandang di Balai Kota Among Tani

Foto Dokumentasi MalangTIMES
Foto Dokumentasi MalangTIMES

BATUTIMES - Selama libur Lebaran mendatang, aparatur sipil negara (ASN) Pemkot Batu dilarang keras menggunakan fasilitas mobil dinas untuk mudik alias pulang kampung. Larangan itu dimulai pada 1 Juni 2019 hinga 9 Juni 2019 mendatang.

Pada tanggal tersebut, seluruh mobil dinas milik Pemkot Batu itu wajib masuk kandang di Balai Kota Among Tani. “Bagi ASN dilarang untuk membawa mobil dinas untuk mudik,” ujar Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso. 

Ia menambahkan larangan membawa mobil dinas itu mengacu pada Surat Edaran Nomor 003.2/3975/SJ dan Surat Edaran Nomor 003.2/3976/S yang dikeluarkan Kementerian PAN-RB. Dalam surat itu, Kemen PAN RB melarang penggunaan fasilitas kedinasan untuk kepentingan pribadi, seperti menggunakan mobil dinas operasional untuk kegiatan mudik.

Sebelumnya hanya larangan menggunakan mobil dinas. Tetapi demi keamanan, akhirnya diputuskan semua mobil dinas dikumpulkan di Balai Kota Among Tani.

“Mulanya kami memberikan kebijakan silakan dibawa ke rumah masing-masing agar bisa dipanasi. Tapi karena dia mudik, kan perawatannya jadi kurang nanti,” imbuh Punjul. ”Ya supaya aman, dibawa ke Balai Kota Among Tani. Karena di sini kan ada yang tugas. Takutnya kalau di rumah masing-masing, tidak dipanasi kendaraannya,” tambah mantan anggota DPRD Kabupaten Malang ini.

Ya demi keamanan dan perawatan mobil tersebut, ada petugas yang nantinya piket bertugas mengecek kondisi kendaraan milik aset Pemkot Batu selama tidak dipakai.

Tidak hanya itu. Pemkot Batu juga melarang ASN menerima bingkisan Lebaran atau parsel. Larangan itu merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran KPK B/3956/GTF 00.02/01-13/05/2019 tanggal 8 Mei 2019. Surat tersebut berisi imbauan tidak menerima bingkisan Lebaran atau Idul Fitri.

 

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yunan Helmy
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->