Menteri Perdagangan Sebut Harga Daging di Jatim Termurah

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita (kemeja putih) saat cek harga daging di Pasar Singosari. (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita (kemeja putih) saat cek harga daging di Pasar Singosari. (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

BATUTIMES - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyebut harga daging di Jawa Timur paling murah. Rata-rata, harganya berkisar di angka Rp 110 ribu per kipogram. Jika ada selisih, itu tak jauh dari angka tersebut.

Menurut menteri perdagangan, hal itu dikarenakan Jawa Timur merupakan salah satu wilayah terbesar yang menyuplai daging ke berbagai wilayah di Indonesia. Dia juga menyampaikan, selain harga yang stabil, kebutuhan daging di Jatim  aman sampai beberapa bulan ke depan.

"Jadi, belanja secukupnya saja. Tidak perlu khawatir kekurangan karena  tim satgas sudah memastikan stok aman dan tidak akan ada yang menimbun," katanya kepada wartawan di sela-sela kunjungannya memantau harga kebutuhan pokok di Pasar Singosari, Jumat (31/5/2019).

Enggartiasto  juga menyampaikan, harga kebutuhan pokok akan stabil sampai beberapa bulan ke depan. Itu berlaku tidak hanya untuk wilayah Jawa Timur, melainkan juga untuk seluruh daerah di Indonesia. Sebab, dari hasil pemantauan yang dilakukan, rata-rata harga kebutuhan pokok menjelang Lebaran masih stabil.

Dia pun mencontohkan beberapa kebutuhan pokok yang harganya mulai stabil. Di antaranya bawang putih yang kini dibanderol Rp 30 ribu per kilogram. Kemudian cabai rawit yang sebelumnya anjlok kini kembali stabil. Minyak, gula pasir, dan beras juga berada di bawah harga eceran tertinggi (HET).

"Dan yang harganya naik memang cabai merah karena memang musim yang tak mendukung," ucap pria berkacamata itu.

Dia pun memuji upaya Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Siskaperbapo yang dapat memberikan informasi harga semua kebutuhan pokok di semua pasar di Jawa Timur. Inovasi itu ia nilai sangat bagus karena memberi informasi secara akurat yang sifatnya harian. "Jadi, harganya sudah tertera. Ini hal yang sangat bagus," ungkap menteri perdagangan.

Sebelum meninjau Pasar Singosari, Enggartiasto terlebih dulu melakukan pemantauan di Pasar Lawang. Tak sendiri, dia didampingi Wakil Bupati Jatim Emil Dardak dan Wabup Malang M. Sanusi. 

Pewarta : Pipit Anggraeni
Editor : Yunan Helmy
Publisher :
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->