Yuk Perhatikan Etika Kirim Pesan Lahir Batin Saat Lebaran Agar Diterima Pembaca

Dua perempuan yang saling memaafkan. (Foto: istimewa)
Dua perempuan yang saling memaafkan. (Foto: istimewa)

BATUTIMES - Era canggihnya teknologi seperti gawai memudahkan masyarakat untuk berkomunikasi. Ya seperti halnya pada momen lebaran ini seringnya membuat banyak orang mengirimkan pesan permohonan maaf saat Lebaran dengan broadcast message.

Namun tidak tentu semua orang senang dengan cara menerima broadcast message. Bahkan, tidak sedikit yang merasa terganggu dengan permintaan maaf seperti itu karena dikirim ke banyak orang sekaligus. 

Karena itu, sebelum mengirimkan pesan permohonan maaf saat lebaran, coba perhatikan beberapa etika di bawah ini, antara lain:

1. Kirim Personal Message Saja
Etika mengucapkan permohonan maaf disarankan lebih baik dengan mengirim pesan personal ke orang yang dimaksud. Dengan kata-kata asli dan tidak mengambil dari kata-kata orang lain. Meskipun berisi kalimat sederhana, tentu pesannya akan lebih terasa oleh si penerima karena memang dikhususkan untuknya.

2. Sebutkan Nama Orang yang Dituju
Selain mengirimkan pesan personal, etika kedua adalah mencantumkan nama orang yang akan menerima pesan tersebut. Cara ini akan memberi kesan pada si penerima pesan.

3. Perhatikan Waktu Mengirim Pesan
Tentunya, ketika ingin mengirimkan pesan permohonan maaf, jangan di tengah malam atau pada jam-jam istirahat ya. Hindari juga mengirimnya di waktu-waktu sibuk. Kirimlah pesan tersebut di waktu biasanya orang sedang melihat gadget.

4. Perhatikan Panjang Pesan
Sebaiknya, kata-kata untuk pesan permohonan maaf tidak terlalu panjang. Pemilihan kata yang digunakan juga seharusnya tidak membuat seseorang berpikir lama. Buatlah dengan kalimat sederhana, ringan, dan padat. Yang terpenting, pesan yang ingin kamu sampaikan dapat dimengerti diterima baik oleh si penerima pesan.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->