Sidang PHPU MK Digelar, Jagad Dunia Maya Malah Ramai dengan Tagar Undangan Raditya Dika

Tagar Twitter yang lagi trending di saat sidang PHPU Pilpres 2019 di MK (Sreenshot trend Twitter)
Tagar Twitter yang lagi trending di saat sidang PHPU Pilpres 2019 di MK (Sreenshot trend Twitter)

BATUTIMES - Sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) 2019 pendahuluan di Mahkamah Konstitusi (MK) digelar hari ini, Jumat (14/06/2019). Dimana, sampai berita ini ditulis, masih dalam proses pembacaan tuntutan dari Paslon 02 Prabowo-Sandiaga.

Masyarakat pun, banyak yang mulai memantau persidangan PHPU, melalui televisi maupun secara bersama-sama menonton melalui video conference, seperti yang dilaksanakan di lantai 6 gedung A Fakultas Hukum (FH) UB Malang.

Tapi, berbanding terbalik dengan di dunia maya (dumay) yang biasanya telah ramai apabila terkait isu Pilpres 2019. Dumay, sampai saat ini, khususnya di lini masa Twitter masih sepi terkait berita persidangan PHPU Pilpres 2019. Bahkan, trending topik Indonesia sampai berita ini ditulis masih dipegang oleh tagar #TwitterMengundangRadit dengan 2.775 cuitan.

Di bawahnya tagar #JumatBerkah dengan cuitan 3.516 dan urutan berikutnya #InstagramDown yang sempat memuncaki trending topik Twitter sejak pagi dengan cuitan 188 ribu.
Ada beberapa asumsi terkait masih "tidur" nya para pegiat media sosial Twitter terkait persidangan PHPU Pilpres 2019 itu. Selain proses persidangan baru dimulai dan diskor sementara waktu karena memasuki waktu salat Jumat, juga dimungkinkan adanya pernyataan dari Plt Kepala Humas Kementerian Kominfo, Ferdinandus Setu, yang menyampaikan, pihak Kominfo membuka peluang untuk kembali membatasi penggunaan WhatsApp dan media sosial guna menekan penyebaran hoaks. 

Walaupun sampai saat ini hal tersebut belum dilakukan oleh Kominfo terkait adanya rencana pembatasan akses kembali seperti kasus demo tanggal 21-22 Mei 2019.
"Situasional dan Kondisional. Jika eskalasi berita hoaks dan hasutan meningkat sangat luar biasa disertai dengan kejadian di sekitar MK yang membahayakan keutuhan NKRI," ujar Ferdinandus seperti dilansir KompasTekno, Kamis (13/6/2019) kemarin.

Popularitas tagar #TwitterMengundangRadit yang masih merajai lini masa, dimungkinkan juga rasa kangen warganet atas cuitan-cuitan yang tidak lagi dipenuhi urusan politik yang sempat membuat seluruh medsos disesaki pertentangan pilihan Pilpres 2019.

@taniiashandra menuliskan, "Setelah @Poconggg sdh kembali ke habitat, sekarang #TwitterMengundangRadit hayooo dong biar twitter kembali ke masanyaaa @radityadika," ujarnya rindu atas masa-masa lini masa dipenuhi juga dengan isu lain selain Pilpres 2019, Jumat (14/06/2019).

Kerinduan cuitan akun Raditya Dika yang merupakan komedian, aktor dan sutradara film ini juga disampaikan oleh akun @Fuad_Ainun, "Apa apaan ini, lihat trending twitter ada #WelcomeBackPoconggg dan #TwitterMengundangRadit , ini dua akun sesepuh twitter," tulisnya yang diikuti dengan cuitan @christinakn_ :"Biar twitter menyenangkan kembali dan gak isinya profokator politik seperti sekarang:') setelah si @Poconggg bangkit #TwitterMengundangRadit @radityadika," ujarnya juga.

Pewarta : Dede Nana
Editor :
Publisher : Aditya Fachril Bayu
Sumber : Malang TIMES
-->

    Tidak ada artikel terkait

Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->