Tahun Ini Tambah Produksi Bawang Merah, Perluasan di 4 Desa Kota Batu

Bawang merah di pasar sayur Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Bawang merah di pasar sayur Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Pemkot Batu tidak hanya fokus dalam pengembangan pertanian bawang putih saja, namun tahun 2019 ini juga bersiap melakukan perluasan pada bawang merah. 

Ya jika pada tahun 2018 silam Pemkot Batu hanya fokus perluasan satu desa saja, kini tahun 2019 mendatang empat desa juga bakal diseriusi. 

Ke lima daerah itu ada di Kecamatan Batu yakni Desa Pesanggrahan. Di Kecamatan Bumiaji ada di Desa Bulukerto, Desa Torongrejo, dan Desa Giripurno. Sedangkan di Kecamatan Junrejo ada di Desa Mojorejo.

Benih bawang merah yang akan digelontorkan itu sebanyak 13,2 ton. Dengan masing-masing desa itu mendapatkan sedikitnya sekitar 3 ton.

“Dengan jumlah 13,2 ton itu kita anggarkan sekitar Rp 500 juta menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2019,” kata Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian Kota Batu Yayat Supriatna.

Dari lima desa yang difokuskan dalam pengembangan bawang merah itu total lahan yang akan ditanami ada 7 hektar. Dan bantuan itu akan langsung diberikan kepada Kelompok Tani dan Gabungan Kelompok Tani.

Rencananya bantuan benih bawang merah itu akan diberikan sekitar akhir Juli mendatang untuk kelompok tani. Tidak hanya benih saja, Pemkot Batu juga mengimbangi dengan melengkapi sarana dan prasarana produksi untuk petani.

Yayat menambahkan dengan penambahan lahan produksi bawang merah ini agar bisa meningkatkan hasil produksi. Untuk saat ini ada dua jenis varietas bawang merah yang dikembangkan yakni bawang merah Ijo dan Tajuk.

“Dengan bertambahnya empat desa ini kedepan yang diharapkan produksinya bisa bertambah. Sekaligus kualitasnya bisa maksimal,” harapnya.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher :
-->
Redaksi: redaksi[at]batutimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]batutimes.com | marketing[at]batutimes.com
-->